Notification

×

Iklan

Iklan

Pemilu: Membangun Masa Depan Indonesia Melalui Pemimpin Cerdas dan Visioner

Minggu, 17 Desember 2023 | 08:27 WIB Last Updated 2023-12-17T01:27:16Z
Yusfi Wawan Sepriyadi

Kabar Center

Pemilihan umum (Pemilu) 2024 ini, bukan hanya sekadar acara pesta demokrasi, bukan sekedar riang gembira, bukan hanya sekedar popularitas semata, akan tetapi juga momen krusial dalam menentukan arah masa depan suatu bangsa. Indonesia, sebagai negara demokratis yang besar, memiliki tanggung jawab untuk memilih pemimpin yang tidak hanya cerdas, tidak hanya sekedar popularitas, tetapi juga visioner.

Selain itu, juga harus dibekali dengan pengalaman di pemerintahan maupun di lembaga legislatif.

Dalam catatan ini, Saya hanya sekedar mengingatkan, bahwa nasib ke depan bangsa kita, ada di tangan kita semua, andaikan tanggal 14 Februari 2024, kita sebagai generasi anak-anak bangsa memilih pemimpin yang hanya mengedepankan pada popularitas, tanpa didasari pengalaman, kecerdasan, memiliki visi Indonesia ke depan, integritas dan berkepribadian baik, kita hanya menunggu kehancurannya saja.

Pemimpin yang cerdas memiliki kemampuan intelektual untuk memahami kompleksitas isu-isu yang dihadapi bangsa ini. Mereka mampu merumuskan kebijakan yang berbasis pada analisis mendalam, serta memiliki kecerdasan emosional untuk memahami dan merespon kebutuhan masyarakat dengan bijak.

Namun, kecerdasan saja tidak cukup. Kita juga memerlukan pemimpin yang visioner, yang memiliki pandangan jauh ke depan dan mampu merancang strategi pembangunan jangka panjang. Pemimpin visioner tidak terpaku pada solusi jangka pendek, tetapi melibatkan masyarakat dalam merancang visi bersama untuk Indonesia yang maju.

Harapan masa depan Indonesia yang maju bukan hanya tentang pertumbuhan ekonomi, tetapi juga inklusivitas, keadilan, dan keberlanjutan. Pemimpin yang cerdas dan visioner akan memastikan bahwa setiap kebijakan yang diambil tidak hanya menguntungkan segelintir orang, tetapi juga memberikan dampak positif bagi seluruh lapisan masyarakat.

Dalam konteks globalisasi dan tantangan kompleks, Indonesia membutuhkan pemimpin yang mampu berkolaborasi secara efektif dengan negara-negara lain di dunia, serta menjaga kedaulatan dan kepentingan nasional. 

Pemimpin cerdas dan visioner akan menjadi pilar dalam membangun jejaring diplomasi yang kuat dan memastikan posisi Indonesia sebagai pemain utama di panggung internasional.

Oleh karena itu, partisipasi aktif dalam Pemilu 2024, menjadi suatu keharusan bagi setiap warga negara. Melalui pemilihan pemimpin cerdas dan visioner, kita berkontribusi pada pembentukan masa depan Indonesia yang lebih baik, lebih adil, dan lebih berkelanjutan. 

Mari bersama-sama menjadikan Pemilu sebagai wujud nyata komitmen kita untuk membangun bangsa yang maju dan berdaya saing di tingkat global. (*)

Penulis: Yusfi Wawan Sepriyadi 

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini