Notification

×

Iklan

Iklan

Banjir dan Longsor Landa Bakti Raja, 12 Orang Dilaporkan Hilang

Sabtu, 02 Desember 2023 | 12:41 WIB Last Updated 2023-12-02T05:41:57Z
Material batuan akibat banjir bandang di Bakti Raja Kabupaten Humbahas | ist

Kabar Center

Banjir bandang dan tanah longsor menerjang Desa Simangulampe, Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) Sumatera Utara, Jumat (1/12/2023) malam. Akibat peristiwa tersebut sebanyak 12 warga dilaporkan hilang.

Kepala Kantor Basarnas Medan, Budiono mengatakan peristiwa terjadi sekitar pukul 21.30 WIB. Peristiwa berawal dari hujan deras. Kemudian, banjir dan longsor terjadi.

Selain 12 korban dilaporkan hilang, kejadian itu juga membuat rumah warga mengalami kerusakan.

"Menurut informasi dari saksi bahwa beberapa korban tertimbun dan dinyatakan hilang di sekitar permukiman yang terkena dampak. Pemerintah setempat bersama masyarakat telah melakukan pencarian namun belum menemukan warga yang hilang," ujar Budiono dalam keterangannya, Sabtu (2/12/2023).

Budiono mengungkapkan, saat ini, upaya pencarian terus dilakukan. Banyaknya material batuan akibat banjir dan longsor mempersulit petugas SAR melakukan evakuasi, sehingga tim SAR juga menggunakan alat berat.

"Tim dalam melakukan pencarian, selain menggunakan eskavator, tim juga harus menggeser secara manual material batuan tersebut, untuk membuka akses pencarian di lokasi yang dicurigai posisi keberadaan korban," ujar Budiono.

Personel SAR juga mengerahkan satu unit drone yang dilengkapi teknologi pembaca thermal untuk melakukan pencarian melalui udara.

"Hingga saat ini tim masih berupaya semaksimal mungkin melakukan pencarian dengan harapan seluruh korban secepatnya ditemukan," kata Budiono.

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini