Notification

×

Iklan

Iklan

4 Penyebab Seseorang Terus Merasa Lelah Meski Sudah Beristirahat

Kamis, 21 Desember 2023 | 19:45 WIB Last Updated 2023-12-21T12:45:08Z
Ilustrasi | pexels

Setelah selesai beraktivitas seharian seseorang pasti merasakan kelelahan. Biasanya seseorang menghilangkan rasa lelah tersebut dengan cara istirahat atau tidur sejenak. Namun terkadang sebagian orang merasakan bahwa dengan beristirahat atau tidur sejenak tidak selalu bisa meredakan rasa lelah yang dialaminya. 

Ada juga sebagian orang yang meski sudah tertidur nyenyak dan lama tapi yang dirasakan malah sebaliknya alias semakin lelah. Tidur terlalu banyak juga kurang baik bagi kesehatan fisik karena bisa menyebabkan badan menjadi pegal-pegal. 

Lalu mengapa sudah beristirahat dan tertidur tapi masih merasakan kelelahan? 

Berikut ini ada beberapa penyebab yang akan dibahas, silahkan simak dan perhatikan dengan baik. 

1. Kurang Olahraga 
Kurang Olahraga juga bisa menjadi salah satu penyebab utama kelelahan dalam tubuh meskipun sudah tidur sesuai dengan nyenyak, tidur yang tidak berkualitas dapat membuat seseorang merasakan lelah sepanjang hari. 

Agar tidur semakin berkualitas maka seseorang membutuhkan olahraga agar fisik menjadi kuat dan sehat. 

2. Minuman Kafein 
Minuman berkafein memang dapat membuat seseorang menjadi lebih bersemangat dan bisa menahan rasa kantuk sesaat, namun minum-minuman berkafein terlalu banyak juga tidak baik bagi kesehatan tubuh dan disarankan mengonsumsi konsumsi kafein yang terdapat dalam minuman kopi maupun teh. 

Jangan mengonsumsi minuman berkafein sebelum tidur sebab dapat menganggu kualitas tidur, biasanya mengkonsumsi kafein sebelum tidur dapat membuat susah tidur sehingga akan merasa tetap lelah setelah bangun tidur. 

3. Terlalu Stress 
Penyebab utama seseorang merasakan kelelahan selain karena keadaan tubuh yang kurang sehat juga bisa berasal dari pikiran stress ataupun merasa frustasi, terlalu stress juga dapat terus menyebabkan rasa lelah meskipun tidak melakukan apa-apa. 

Seseorang yang mempunyai pola pikir yang salah atau stress karena suatu hal biasanya akan mudah merasa lelah dan kehilangan minat untuk melakukan apapun, sehingga hal tersebut dapat menganggu produktivitasnya. 

4. Menuntut Diri Terlalu Keras 
Bekerja keras demi mencapai keberhasilan dalam hidup memang sudah menjadi tuntutan tersendiri bagi sebagian orang, namun semakin keras seseorang menuntut dirinya maka dapat berpengaruh pada kesehatan tubuhnya dan biasanya seseorang akan merasakan kelelahan.

Jangan pernah menuntut diri terlalu keras karena hal tersebut dapat berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan mental, saat jam istirahat maka istirahatlah sejenak agar tubuh bisa lebih baik. Itulah beberapa penyebab seseorang sering merasakan kelelahan meskipun sudah merasa tidur dan istirahat yang cukup.

Penulis: Argafica Putri Sionfa

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini