Notification

×

Iklan

Iklan

4 Cara Menjaga Kesehatan Mental

Senin, 11 Desember 2023 | 15:41 WIB Last Updated 2023-12-11T08:41:49Z
Sumber Foto: Pexels

Menjaga kesehatan mental sangatlah penting dan juga kesehatan mental wajib diperhatikan oleh setiap orang, sebab kesehatan mental sangat mempengaruhi setiap pikiran dan tindakan seseorang dalam melakukan sesuatu.

Jika kesehatan mental seseorang terganggu maka pikiran dan tindakannya juga dapat terganggu misalnya saja mudah overthinking, suka berfikir negatif dan mudah melakukan sebuah kesalahan karena kurangnya konsentrasi.

Lebih baik mencegah daripada mengobati begitupun dengan memperhatikan kesehatan mental. Lebih baik menjaga kesehatan mental demi mencegah gangguan kesehatan mental, sebab jika seseorang telah mengalami gangguan kesehatan pada mental maka untuk memulihkannya juga tidaklah mudah.

Berikut ini ada beberapa cara sederhana yang dapat diterapkan untuk menjaga kesehatan mental, silahkan perhatikan dan simak dengan baik beberapa cara berikut ini. 

Cara Menjaga Kesehatan Mental:

1. Mempunyai Rasa Kepercayaan Diri 
Seseorang harus mempunyai rasa kepercayaan diri agar dapat membawa dirinya mencapai tujuannya, serta orang yang mempunyai rasa percaya diri tidak mudah dipengaruhi oleh orang lain dan hal tersebutlah yang mampu mempertahankan dan menjaga kesehatan mentalnya. 

Jika seseorang tidak mempunyai rasa percaya diri maka seseorang mudah merasakan insecure, ketakutan dan mudah untuk dipengaruhi dan juga dimanfaatkan oleh orang lain serta tindakan tersebut juga dapat merugikan diri sendiri. Oleh karena itu kepercayaan diri harus diterapkan sejak usia dini. 

2. Menjadi Diri Sendiri 
Agar bisa merasakan kebahagiaan dan ketenangan batin lebih baik selalu menjadi diri sendiri, jangan sampai kamu membanding-bandingkan diri dengan orang lain dan berharap bisa menjadi sama dengan orang lain. 

Jika terus memaksakan diri untuk menjadi sama seperti orang lain maka kamu akan selalu merasa tertekan sebab tindakanmu berlawanan dengan kepribadianmu, lebih baik menjadi diri sendiri dan berani tampil beda daripadanya harus memaksakan diri demi tampil sama dengan orang lain sebab tindakan tersebut hanya akan membuatmu merasa lelah. 

3. Istirahat Cukup 
Meskipun sedang sibuk bekerja demi mencapai suatu tujuan jangan sampai mengabaikan kesehatan fisik dan mental, usahakan untuk selalu istirahat yang cukup jangan sering begadang agar pikiran dan badan terasa lebih segar dan tenang. 

Jika seseorang kurang istirahat yang cukup maka akan dengan mudah mengalami kelemahan tubuh atau sakit dan mudah sekali berpikir overthinking dan merasakan kecemasan. 

4. Jangan Memikirkan Omongan Orang Lain 
Memang terkadang kita membutuhkan masukan dan saran dari seseorang untuk membantu kita, akan tetapi tidak semua omongan orang lain dapat kita jadikan sebagai masukan dan saran sebab tidak semua omongan dari orang lain selalu memberikan manfaat bagi diri kita. 

Terkadang omongan dari orang lain lah yang dapat melelehkan mental kita baik secara langsung maupun tidak langsung, untuk itu kita wajib menyaring semua omongan dari orang lain yang positifnya saja dan buang omongan negatifnya jangan sampai kita menyimpannya di dalam hati dan pikiran kita. 

Selain dari diri pribadi terkadang orang lain juga dapat mempengaruhi kesehatan mental kita, untuk itu kita harus bisa membuang kebiasaan negatif dan jangan sampai ada pengaruh negatif dari luar yang mempengaruhi kesehatan mental kita.

Penulis: Argafica Putri Sionfa

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini