Notification

×

Iklan

Iklan

Hal Sederhana yang Bisa Membuat Anak Merasa Bahagia

Senin, 11 Desember 2023 | 15:51 WIB Last Updated 2023-12-11T08:51:44Z
Ilustrasi | sumber foto: Pexels

Sebagai orang tua pasti ingin bisa melakukan dan memberikan yang terbaik bagi setiap anak-anaknya, tak jarang orang tua selalu berusaha untuk kerja keras agar anaknya bisa memperoleh kebahagiaan dan kehidupan yang layak. 

Namun banyak harta tidak selalu membuat anak merasa bahagia karena sejatinya hal yang paling membahagiakan tidak selalu tentang kemewahan saja, tetapi biasanya tindakan sederhana dan konyol saja mampu membuat anak merasakan kebahagiaan. 

Anak-anak memang belum bisa mengolah emosinya dengan baik dan hal tersebutlah yang membuat anak sering mengalami mood swing, serta anak-anak juga belum bisa menjelaskan keinginannya pada orang tuanya sehingga hal tersebut terkadang dapat membuat orang tua merasa bingung. 

Jadi anak sering tiba-tiba murung, sedih dan marah bukan berarti selalu karena kesalahan orang tuanya saja ataupun bukan karena orang tuanya tidak bisa membuat anaknya bahagia, berikut ini ada beberapa hal sederhana yang dapat membuat anak selalu merasa bahagia. 

Hal-hal Yang Dapat Membuat Anak Merasa Bahagia:

1. Diperhatikan 
Anak-anak umumnya ingin sekali orang tuanya bisa memberikan perhatian khusus padanya sehingga tak jarang terkadang anak-anak selalu membuat orang tuanya marah karena dia ingin diperhatikan, anak-anak tidak suka diabaikan oleh sebab itu sesibuk apapun sebagai orang tua jangan lupa selalu meluangkan waktu untuk memperhatikan anak. 

2. Bermain Bersama Anak 
Jika mempunyai waktu luang tidak ada salahnya jika menemani anak bermain agar anak tidak merasa jenuh dan kesepian karena tidak mempunyai teman bermain, orang tua juga bisa berperan sebagai teman yang menyenangkan untuk anak-anaknya. 

Bermain bersama anak selain membuat hubungan dengan anak semakin dekat juga dapat membuat anak merasa dirinya disayangi dan diperhatikan oleh orang tuanya. 

3. Mencoba Hal Baru 
Anak-anak pada umumnya sangat menyukai hal serba baru dan selalu mempunyai rasa penasaran yang tinggi, tidak ada salahnya jika orang tua memberikan pelajaran ataupun pengalaman baru untuk anaknya agar anak merasa bahagia. 

Mencoba hal baru tidak harus yang susah-susah saja adapun beberapa hal sederhana yang seru dan pastinya bisa membuat anak merasa bahagia yaitu belajar memasak, berkebun, memancing, berpetualang dah hal seru lainnya. 

4. Berbicara Dengan Lembut 
Hati anak-anak sangat lembut dan sensitif jika dibentak atau dimarahi sedikit saja bisa langsung menangis. Meskipun anak sedang berbuat kesalahan usahakan untuk tetap berbicara dengan lembut jangan sampai membentaknya karena terpancing oleh emosi. 

Berbicaralah dan nasehati anak mengunakan kata-kata serta nada bicara yang lembut, agar tidak menyakiti perasaan anak dan supaya anak mudah memahami apa yang kita katakan dengan baik. 

5. Memberikan Pujian 
Saat anak sedang bercerita jangan mengabaikan dan memotong pembicaraannya dengarkan terlebih dahulu dengan baik, lalu tanggapi dengan kata-kata yang positif dan membangun seperti pujian agar anak tidak merasa takut untuk terbuka pada orang tuanya dan agar anak mempunyai rasa percaya diri. 

Itulah beberapa cara sederhana yang dapat membuat anak merasa bahagia, terbukti bahwa ukuran kebahagiaan tidak selalu berasal tentang materi dan kemewahan.

Penulis: Argafica Putri Sionfa

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini