Notification

×

Iklan

Iklan

Sukseskan Event Aquabike 2023 di Samosir, Ritual Budaya Mangelek Tao Digelar, Lihat Videonya

Senin, 20 November 2023 | 19:07 WIB Last Updated 2023-11-20T12:16:24Z


Kabar Center

Pemerintah Kabupaten Samosir melaksanakan ritual budaya Mangelek Tao di perairan Danau Toba di depan Gereja Katolik Inkulturasi Onan Baru Desa Pardomuan I, Senin (20/11).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Samosir, Immanuel Sitanggang mengatakan acara ini adalah acara kebudayaan dalam rangka menyambut dan mensukseskan Event Aquabike Championship 2023.

Sementara, Staf Ahli Bupati (SAB) Bidang Tata Kelola Pemerintahan dan Sumber Daya Manusia, Rudi SM Siahaan mengatakan, sehari sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Samosir telah melakukan ibadah keagamaan dengan para tokoh agama.

“Sebagai daerah asal muasal suku batak, kita laksanakan juga pagelaran ritual budaya batak, jadi intinya hanya penyampaian doa kita kepada Tuhan. Hanya perbedaannya, kemarin dari sisi agama, sekarang dari sisi budaya,” ungkapnya.

Rudi Siahaan berharap kegiatan yang telah direncanakan oleh panitia, mulai dari awal hingga akhir, khusunya di Kabupaten Samosir, dapat berjalan dengan baik.

Masih di lokasi yang sama, Abidan Naibaho sebagai Tokoh Budaya Adat Batak, menyebut kegiatan ini merupakan bagian dari wujud mengingat para leluhur nenek moyang orang batak.

“Karena ini mau ada pesta Aquabike Jetski maka kita meminta kepada yang mahakuasa, dan penghuni danau toba agar event ini semua berjalan dengan lancar,” ucapnya.

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini