Notification

×

Iklan

Iklan

Gantikan Anwar Usman, Hari Ini Suhartoyo Akan Dilantik Jadi Ketua MK

Senin, 13 November 2023 | 09:19 WIB Last Updated 2023-11-13T02:19:48Z
Gedung MK | net

Kabar Center

Jakarta - Suhartoyo, akan dilantik menduduki jabatan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) hari ini. Ia menggantikan Anwar Usman yang diberhentikan dari jabatan Ketua MK lewat putusan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi.

Agenda pelantikan Suhartoyo sebagai Ketua MK sudah disampaikan Wakil Ketua MK Saldi Isra pada pekan lalu. Agenda ini adalah hasil rapat pleno hakim.

"Menyepakati bahwa ketua Mahkamah Konstitusi terpilih adalah Yang Mulia Bapak Dr Suhartoyo dan insyaAllah hari Senin akan diambil sumpahnya di ruangan ini," kata Saldi dalam jumpa pers, Kamis (9/11) lalu.

Prosesi pengambilan sumpah akan digelar di Ruang Sidang Pleno Lantai 2 Gedung I MK. Selanjutnya, formasi hakim konstitusi bakal prima.

"Dan artinya mulai hari Senin komposisi kepengurusan Mahkamah Konstitusi akan terpenuhi seperti biasa," ucap Saldi.

Penentuan Suhartoyo sebagai Ketua MK dilakukan lewat rapat permusyawaratan hakim (RPH). Enam hakim tidak bersedia menjadi kandidat Ketua MK. Singkat cerita, tersisa nama Suhartoyo dan Saldi.

"Dari hasil (diskusi) kami berdua tadi, untuk jadi ketua MK ke depan adalah Bapak Dr Suhartoyo, dan saya tetap menjalankan tugas sebagai wakil ketua," katanya.

Keputusan itu, kata Saldi pun disepakati oleh enam hakim MK lainnya. Hingga kesepakatan itu, lanjutnya, menjadi hasil dari RPH yang dilakukan hari ini. (dtc/kc6)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini