Notification

×

Iklan

Iklan

Dapat Kabar Kerabatnya Tewas, Dokter RS Indonesia di Gaza Histeris

Kamis, 26 Oktober 2023 | 10:00 WIB Last Updated 2023-10-26T03:00:26Z
Di dalam rumah sakit di Gaza dimana persediaan hampir habis

Kabar Center

Dua dokter yang berkerja di Rumah Sakit Indonesia di Jalur Gaza mendapat kabar jika kerabat mereka meninggal dunia setelah terkena serangan Israel.

Sebuah klip video yang diunggah Al Jazeera Arab di media sosial X, merekam momen dua orang dokter yakni dokter Mohammad al-Ran selaku kepala bagian bedah di Rumah Sakit Indonesia dan dokter Muayyad al-Ran menangis usai menerima kabar duka itu.

Salah seorang dokter menangis histeris mendengar kabar duka tentang keluarganya, sementara beberapa rekan dokter dan tim medis juga ikut berkumpul untuk saling menguatkan.

Dari unggahan itu tak dijelaskan secara rinci kapan dan bagaimana serangan Israel menewaskan keluarga dari dua dokter tersebut.

Sejak Israel membombardir Gaza pada 7 Oktober merespons serangan Hamas, anggota keluarga beberapa dokter di wilayah Palestina banyak dilaporkan terbunuh.

Selain keluarga, para petugas medis itu sendiri juga turut menjadi korban. Kementerian Kesehatan Gaza mencatat sebanyak 73 petugas medis tewas hingga Rabu (25/10). Sebanyak 25 ambulans juga hancur akibat gempuran serangan udara Israel.

Sistem perawatan kesehatan di berbagai rumah sakit di Jalur Gaza, Palestina, pun dikabarkan telah sepenuhnya kolaps imbas blokade total Negeri Zionis.

"Rumah sakit di Gaza telah benar-benar kolaps karena perang Israel," kata juru bicara Kementerian Kesehatan Gaza, Ashraf al-Qudra, seperti dikutip Anadolu Ajansi, Selasa (24/10).

Banyak rumah sakit yang tidak bisa menggerakkan generator karena kehabisan bahan bakar. Stok obat dan peralatan medis juga berangsur habis.

Di tengah situasi itu, lokasi sekitar rumah sakit-rumah sakit di Gaza terus-menerus menjadi sasaran serangan, termasuk RS Indonesia. (cnn/kc6)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini