Notification

×

Iklan

Iklan

40 Peserta di Samosir Dilatih Menjadi Pemandu Wisata Gunung

Senin, 18 September 2023 | 16:07 WIB Last Updated 2023-09-29T10:20:00Z
Pelatihan pemandu wisata gunung

Kabar Center

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Samosir, menggelar pelatihan kepada 40 peserta untuk menjadi pemandu wisata gunung selama empat hari.

Pelatihan digelar mulai 13 hingga 16 September 2023 di Perkampungan Siraja Batak, Sigulatti, Kecamatan Sianjur Mula-mula.

“Pelatihan ini bertujuan untuk melatih 40 orang peserta yang menjadi pemandu wisata gunung, agar mereka bekerja sesuai dengan SOP (standar operasional prosedur),” ujar Kepala Bidang (Kabid) Usaha Pariwisata dan Kerjasama, Disbudpar Samosir, Jontiner Sinabutar, Jumat (15/9).

Jontiner menyebut, pelatihan itu dilaksanakan demi mendukung layanan pariwisata di Kab. Samosir. 

“Para peserta praktek dengan melakukan pendakian ke gunung Pusuk Buhit setelah dibekali dan dilatih bagaimana pemanduan yang benar. Karena tugas pemandu wisata gunung termasuk tugas jasa, maka harus bisa melayani wisatawan dengan baik dan prima,” ungkapnya.

Tanah Batak, Gunung Pusuk Buhit lanjut dia, dianggap sangat sakral, sehingga para pemandu harus mampu memandu para wisatawan secara maksimal.

“Dalam pelatihan ini, kami juga mengajak para peserta untuk menjaga kebersihan di Gunung Pusuk Buhit. Mengingat gunung ini yang sakral, maka pemandu juga harus mencintai alam tanpa ada sampah,” kata Jontiner.

Pelatihan para pemandu wisata gunung kali ini, menghadirkan para narasumber dari APG (Assosiasi Pendaki Gunung). Diantaranya, Martha Hutapea, Rendy Pakpahan dan Manogu Sinaga. (*)


Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini