Notification

×

Iklan

Iklan

HUT Ke-78 RI, Menkominfo: Semua Harus Bergerak Maju Dalam optimisme

Kamis, 17 Agustus 2023 | 11:38 WIB Last Updated 2023-09-29T10:20:00Z
Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi 

Kabar Center

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menegaskan Kementerian Kominfo harus mampu berdiri tegak untuk kemajuan bangsa, menjadi ujung tombak pembangunan infrastruktur dan ekosistem digital yang merata.

"Sebagaimana para pahlawan mengambil langkah penuh keberanian menuju kemerdekaan, kita pun harus yakin untuk mengambil langkah menuju ruang digital berdaulat dan inklusif bagi semua," ajaknya dalam Upacara Peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Kamis (17/08/2023), mengutip siaran pers. 

Menurut Menteri Budi Arie, komitmen kolektif sivitas Kementerian Kominfo merupakan modal dasar kesuksesan yang perlu dijaga.

"Saya mengajak semua yang di pusat maupun di daerah, agar bangkit dengan energi baru, bangkit dengan komitmen baru. Mari kita nyalakan kembali semangat perjuangan kemerdekaan Indonesia, sebagai nafas dalam membangun konektivitas ke seluruh penjuru negeri," ungkapnya.

Saat ini Kementerian Kominfo memiliki tugas penting agar masyarakat Indonesia mendapatkan manfaat optimal dari kemajuan teknologi yang terus berkembang.

"Apabila seabad lalu negara-negara Eropa dan Amerika Utara mendominasi kemajuan ekonomi global, kini menurut studi IMF, empat dari lima negara yang diproyeksikan menjadi raksasa ekonomi dunia di masa depan berasal dari benua Asia. Indonesia menduduki salah satu posisi tersebut bersama dengan Tiongkok, India, dan Jepang," ungkap Menkominfo.

Menteri Budi Arie menyatakan penguasaan terhadap teknologi digital menjadi salah satu motor penggerak pertumbuhan ekonomi. Berdasarkan studi Bappenas, teknologi mampu mendorong pertumbuhan ekonomi hingga sebesar 6%. Kontribusi ekonomi digital terhadap PDB nasional juga diprediksikan akan melonjak ke angka 20,7% pada tahun 2045.

"Data-data ini kembali menegaskan betapa strategisnya peran Kementerian Kominfo bagi pembangunan negeri ini," tandasnya.

Oleh karena itu, Menkominfo Budi Arie Setiadi mengajak seluruh sivitas bergerak maju menyongsong masa depan bangsa dengan ukiran karya Kominfo di dalamnya.

"Tidak ada alasan untuk pesimis. Semua harus bergerak maju dalam optimisme. Semua harus terus melaju, untuk Indonesia maju, seperti tema peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78, hari ini," tegasnya.

Upacara diikuti Wamenkominfo Nezar Patria, Pejabat Tinggi Madya, Pejabat Tinggi Pratama, Pejabat Fungsional di lingkungan Kementerian Kominfo, serta sivitas Kementerian Kominfo.

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini