Notification

×

Iklan

Iklan

5 Aktivitas Wisata di Togaraja, Pesona Baru yang Viral DSP Danau Toba

Kamis, 31 Agustus 2023 | 17:22 WIB Last Updated 2023-09-29T10:20:00Z
Lekukan indah Bukit Holbung, Sibeabea dan Gunung Pussuk Buhit terpampang indah bersama Pesona Danau Toba, diambil menggunakan Drone Mode Pano (Gambar : Frederick Jo Simbolon) 

Kabar Center

Samosir - Terpampang nyata di depan mata keindahan alam yang tersusun layaknya peta hidup keindahan alam. Berdiri menatapnya seakan memperhatikan penunjuk arah menuju keindahan-keindahan lainnya yang menjadi pesona wisata Negeri Indah Kepingan Surga ini. 

Titik ini kita bisa menikmati lekukan Sibeabea yang indah. Titik ini kita bisa menatap Menara Pandang Tele, posisi Togaraja masih lebih tinggi dari menara itu. Dari titik ini kita juga bisa menyaksikan pesona Bukit Holbung dan dari titik ini kita bisa menyusuri dengan pandangan mata Lembah Harian.

Pesona yang paling utama adalah, dari titik ini kita bisa melihat kemegahan Gunung Pussuk Buhit, gunung dengan ketinggian 1.982 mdpl ini berpadu dengan Keindahan Danau Toba. Lekukan bukit-bukit di tepi Danau Toba bak lukisan yang sempurna untuk kita nikmati. Semakin jauh kita memandang, semakin banyak pula titik-titik keindahan alam yang satu persatu kita sebutkan.

Sanggar Sipinirni Tondi Desa Wisata Partungko Naginjang diabadikan di atas panggung dengan Background Gunung Pussuk Buhit (Gambar : Harmoko Sinaga)

Peta hidup itulah gambaran yang tersaji bila Sobat Wisata Danau Toba berjalan-jalan menuju Togaraja. Bukit negeri di atas awan tepatnya berada di Desa Wisata Partungko Naginjang Kecamatan Harian Kabupaten Samosir Sumatera Utara.

Bila telah tiba di Tele, sederetan rumah kuliner tempat beristirahat menikmati kopi hangat dan lampet (kue orang Batak) atau bahkan makan melepaskan lelah dan lapar ditemani embun pagi, Objek Wisata Togaraja hanya sekitar 3 KM lagi dari tempat beristirahat ini. 

Arahkan google Map ketik "Togaraja" atau "dolok Togaraja"kita akan dipandu tiba di lokasi. Berikut keseruan yang bisa kita nikmati di Togaraja Desa Wisata Partungko Naginjang Kabupaten Samosir Sumatera Utara.

Agrowista Kentang dan Tanaman Lainnya

Keseruan bersama buah hati dengan memberikan pengalaman tanam dan panen kentang tentunya menjadi momen yang terlupakan bagi anak kita. Pengalaman melihat langsung petani mengolah lahan pertanian agrowisata sangat menyenangkan dipadu dengan kesegaran alam dan dinginnya Togaraja. Ada juga tanaman lainnya seperti sayur-sayuran, cabai, tomat ubi dan buah-buahan lainnya.

Petik sendiri Strawberry

Sekarang telah tersedia petik sendiri buah strawberry yang rasanya segar dan manis. Buahnya juga lumayan besar tidak kalah saing dengan buah strawberry yang dijual di supermarket. Rasakan sendiri kesegarannya dan nikmati buahnya sembari menikmati pemandangan di Togaraja. 

Gazebo tempat bersantai di Togaraja (Foto : Harmoko Sinaga)

Permainan ATV

Salah satu pengalaman yang seru bis akita temukan di Togaraja dengan bermain ATV. Ada jalur yang fun dan ada jalur yang berpetualang. Sangat alami sembari menikmati pemandangan Danau Toba. Hanya Rp. 50.000/30 menit kita sudah bisa menjangkau tempat-tempat alami di Togaraja.

ATV salah satu permainan yang bisa kita nikmati di Togaraja (Foto : Harmoko Sinaga)

Pemandangan Alam Danau Toba

Alam Danau Toba berpadu dengan keindahan Gunung Pussuk Buhit, gunung pusat peradaban Suku Batak sangat tampak indah dari Togaraja. Memandang Bukit Sibeabea yang sudah terkenal dan lekukan jalan Tele serta Menara Pandang Tele bisa kita nikmati. 

View alam yang tersaji dengan foto Pano melalui Drone (Gambar : Frederick Jo Simbolon)

Banyak pengunjung yang mengabadikan Prewedding dengan memilih lokasi ini. Area ini juga menyuguhkan area spot foto yang sangat alami. Gathering keluarga, tempat kerja dan kedinasan juga telah menggunakan tempat ini. Berpadu dengan pohon pinus dan rerumputan menjadikan tempat ini sangat alamiah dan memberi kebetahan. Duduk santai dengan fasilitas Gazebo dan tempat duduk kayu juga akan memberikan nuansa alami sepanjang kunjungan liburan kita.

Camping dan Glamping

Tersedia fasilitas tenda camping yang disewakan. Check Instagram @togaraja_ atau @desawisatapartungkonaginjang untuk detail penyewaan. Sebanyak 5 unit juga telah tersedia Glamping dengan fasilitas yang sangat lengkap. 

Face of Lake Toba “Wajahnya Danau Toba” merupakah tagline yang sangat tepat untuk disematkan. Togaraja dengan alamnya akan kita lihat begitu sederhana. Dengan konsep alam apa adanya tanpa banyak memberikan sentuhan modernisasi, kita tidak akan menemukan sederet fasilitas yang seperti tempat wisata dengan sentuhan arsitek dan estetika yang menawan. Tapi Togaraja akan kita lihat seperti alam apa adanya. Letak kekuatan pesonanya adalah pada keindahan alam tanpa sentuhan-sentuhan yang merusak alam yang ada.

Tiga penari diabadikan dalam paket wisata photograph di Togaraja. (Foto : Erick Saragih)

Hal-hal yang tertuang dalam tulisan ini akan terasa tidak nyata tanpa kita hadir berada di titik alam ini. Togaraja dengan karcis Rp. 5.000 dan parkir sepeda motor Rp. 5.000 dan roda empat Rp. 10.000 tentunya bukan nilai yang besar untuk pesona yang tersajikan dari Togaraja.

Paduan paket wisata dari Togaraja menuju Menara Pandang Tele, lanjut ke Air Terjun Efrata, Sibeabea, Bukit Holbung, Fishing Camp Pantai Siarubung adalah paket wisata andalan yang ada di Kabupaten Samosir. Dari sederet objek wisata tersebut, Togaraja-lah yang merupakan destinasi dengan ketinggian alam yang sejuk dan menyegarkan.

Penulis: Harmoko Sinaga 

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini