Notification

×

Iklan

Iklan

Pemkab Samosir Ikut Hadir di Event GNPIP Sumut 2023

Rabu, 31 Mei 2023 | 18:50 WIB Last Updated 2023-05-31T11:50:40Z

Kabar Center

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melaksanakan kegiatan High Level Event Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Sumatera Utara 2023 yang diselenggarakan di Aula Raja Inal Siregar Kantor Gubernur Sumatera Utara, Rabu (31/05/2023).

Kegiatan yang mengundang seluruh kepala daerah ini juga ikut dihadiri pihak Pemkab Samosir diantaranya Kepala Bappedalitbang Rajoki Simarmata mewakili Bupati Samosir, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang, Kabag Perekonomian dan SDA Tri Endis Manalu, Mewakili Kadis Ketapang Pertanian Andri Limbong.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud komitmen dalam memperkuat pengendalian inflasi pangan, Bank Indonesia  bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Sumatera Utara, sekaligus meluncurkan program unggulan perluasan kerja sama antar daerah (KAD) terintegrasi (hulu ke hilir) dan digitalisasi rantai pasok pangan.

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Juda Agung, mengatakan bahwa pergerakan inflasi yang terkendali tidak terlepas dari sinergi yang erat antara Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota melalui program GNPIP di daerah masing-masing.

Hal itu dapat dilihat dari perkembangan inflasi nasional per April 2023 yang relatif terjaga di tengah adanya  Hari Besar Keagamaan Nasional Idul Fitri, terutama didukung menurunnya tekanan harga kelompok volatile food di berbagai daerah. 

Penyelenggaraan GNPIP Sumatera Utara 2023 juga diharapkan dapat menjadi akselerator langkah konkret bersama untuk mengendalikan tekanan inflasi pangan, mendorong produksi, serta mendukung ketahanan pangan nasional.

Menteri Dalam Negeri yang diwakili Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Komjen Pol Drs. Tomsi Tohir,M.Si, menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas penyelenggaraan GNPIP Sumatera Utara 2023. 

Beliau turut mengingatkan pentingnya sinergi dan kolaborasi semua pihak di pusat dan daerah untuk mengatasi cuaca ekstrim termasuk El Nino apalagi di daerah-daerah lumbung pangan.

Adapun GNPIP Sumatera Utara 2023 ini dilaksanakan dengan mengangkat tema “Sinergi dan Inovasi untuk Ketahanan Pangan melalui Peningkatan Produktivitas, Nilai Tambah, dan Kerjasama Antar Daerah (KAD) Terintegrasi: Membawa Sumut Menjadi Semakin Bermartabat”.

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, berharap penyelenggaraan GNPIP Sumatera Utara 2023 dapat memperkuat komitmen bersama dalam rangka pengendalian inflasi pangan dan berdampak nasional dalam pengendalian harga. Seluruh komponen TPID Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara diminta untuk terus bekerjasama mendorong implementasi program GNPIP serta senantiasa berkomitmen untuk menjalankan dan mengevaluasi pelaksanaan Peta Jalan Pengendalian Inflasi 2022-2024 demi mencapai ketahanan pangan dan stabilitas harga.

GNPIP Sumatera Utara 2023 turut dihadiri oleh Anggota Komisi XI DPR RI, Forkopimda Provinsi Sumatera Utar, hingga Bupati/Wali Kota se-Sumatera atau yang mewakili. (Rel)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini