Notification

×

Iklan

Iklan

Mantan Kepala Bea Cukai Yogyakarta Mengaku Data Pribadi Dicuri dan Viral di Media Sosial

Rabu, 08 Maret 2023 | 14:12 WIB Last Updated 2023-03-08T07:12:11Z
Mantan Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta, Eko Darmanto, saat tiba di gedung KPK, Jakarta, Selasa (7/3/2023)

Kabar Center

Mantan Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta, Eko Darmanto, mengakui bahwa datanya telah dicuri dan disalahgunakan di media sosial. Ia mengatakan bahwa informasi pribadinya dipakai untuk tujuan yang salah dan ia sama sekali tidak berniat untuk memamerkan kekayaannya di platform tersebut.

"Data saya, yang saya simpan secara privat, dicuri kemudian di-framing dan beredar seperti rekan-rekan sekalian ketahui," ujar Eko

"Saya secara pribadi sangat mencintai institusi saya, saya tidak pernah berniat bermaksud untuk pamer harta seperti yang disampaikan secara viral," lanjutya.

Eko Darmanto memberikan klarifikasi mengenai isu kepemilikan pesawat pribadi yang telah menjadi perbincangan publik. Ia menegaskan bahwa ia tidak memiliki pesawat pribadi dan foto yang ia bagikan di media sosial adalah bersama pesawat milik Federasi Aero Sport Indonesia (FASI).

"Terakhir atas isu yang paling sentral, saya tidak punya pesawat, itu merupakan milik FASI dan sudah terklarifikasi dan terkonfirmasi," tegas Eko.

Eko juga menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat atas tindakannya yang telah mencederai kepercayaan publik terhadap Direktorat Jenderal Bea Cukai dan Kementerian Keuangan.

Sebelumnya, Eko Darmanto mendapatkan sorotan publik karena sering memamerkan gaya hidup mewahnya di media sosial, seperti foto di depan pesawat terbang dan motor besar. 

Gaya hidup mewah ini memicu kritik dari masyarakat dan akhirnya memaksa Dirjen Bea Cukai Kementerian Keuangan untuk mencopotnya dari jabatannya sebagai Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta.

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengungkapkan bahwa pihaknya telah memeriksa Eko Darmanto terkait masalah ini.

"Ditjen Bea Cukai, melalui Direktorat Kepatuhan Internal dan Sekretariat Ditjen Bea Cukai, telah memanggil yang bersangkutan," ujar Suahasil.

Dalam kesempatan ini, Eko Darmanto juga menyampaikan apresiasinya kepada KPK yang telah memberikan dirinya kesempatan untuk memberikan klarifikasi soal Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) miliknya. Ia berjanji akan memperbaiki kelakuannya dan tidak akan memamerkan gaya hidup mewahnya lagi di media sosial. (Rivan)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini