Notification

×

Iklan

Iklan

Talas Beneng Pandeglang Mendunia, Ratu shinta Dorong UMKM Berinovasi

Minggu, 05 Maret 2023 | 09:40 WIB Last Updated 2023-03-05T02:40:25Z
Talas Beneng Pendeglang semakin merambah luas 

Kabar Center

Pandeglang - Pergerakan penjualan Talas Beneng Pandeglang di pasar international semakin hari semakin mencuri perhatian banyak pihak.

Setelah sebelumnya dikabarkan talas beneng asal Pandeglang ini semakin laris di beberapa negara seperti Australia dan Belanda.

"Iya benar kemarin setelah didorong oleh banyak pihak terutama Pemerintah Kabupaten Pandeglang kini permintaan akan Talas Beneng ini semakin meningkat, tak terkecuali dari Pasar Internasional," ujar salah satu petani talas beneng kepada Kabarcenter, Sabtu (4/3/23).

Ditambahkan, Talas Beneng atau biasa disebut Talas Besar dan Koneng ini dapat lebih berpotensial lebih luas lagi pasarnya, lantaran jenis tanaman ini dapat diolah menjadi banyak olahan makanan bahkan sampai bahan kosmetik.

"Bisa lebih luas lagi, karena tanaman ini ribuan manfaat dan bisa diolah dibanyak peruntukan, misalnya untuk bahan kosmetik dan banyak bahan makanan," ungkapnya. 

Melihat hal tersebut, Ratu Shinta Dewi Kristina aktivis perempuan Pandeglang mendorong langkah langkah semua pihak dalam rangka mengenalkan komoditi asal Pandeglang.

"Terutama petani Talas dan semua masyarakat yang dengan sigapnya mempromosikan Talas Beneng asal Pandeglang ini ke kancah yang lebih luas lagi dengan inovasi olahan olahan dari tanaman ini," ujarnya .

Dengan kualitas terbaik di jenisnya, Talas Beneng Pandeglang ini diharapkan bisa mendongkrak ekonomi khususnya bagi masyarakat Pandeglang.

"Saya sudah coba beberapa olahannya, seperti kue bolu dengan bahan dasar tepung yang terbuat dari talas beneng ini, beberapa olahan lainnya dan ternyata menurut saya ini adalah talas terbaik di jenis talas talas lainnya," pungkasnya. (Ahmad Muchtarom)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini