Notification

×

Iklan

Iklan

Ekspedisi Geopark Kaldera Toba HPN 2023 SMSI, Kapolda Sumut Panca Simanjuntak: Mari Sama-sama Kita Dukung

Rabu, 01 Februari 2023 | 09:40 WIB Last Updated 2023-02-01T02:40:58Z

Kabar Center

Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) menggelar Ekspedisi Geopark Kaldera Toba pada 4-7 Februari mendatang, sebagai rangkaian kegiatan menyemarakkan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Provinsi Sumatera Utara.

Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak mengaku takjub mendengar kegiatan ekspedisi itu. Ia berharap ekspedisi yang diikuti 200 pengurus SMSI se-Indonesia itu, dipersiapkan dengan baik.

"Ini baru pas, mantap!," kata Kapolda Panca Putra Simanjuntak kepada Ketua SMSI Sumut, yang juga Ketua Panitia Pelaksana Ekspedisi, Erris J Napitupulu, saat berkunjung membahas persiapan HPN 2023, di Mapolda Sumut, Jalan Sisingamangaraja Medan, Selasa (31/01/2023).

Kapolda Sumut didampingi Wakapolda Sumut, Brigjen Pol Jawari, menyambut baik rencana kegiatan ekspedisi itu. "Ibu Erris, koordinasi terus kita ya, nanti melalui jajaran saya. Ini bagus ini ekspedisi ini, harus kita dukung bersama," ujar Kapolda.

Lebih lanjut melalui ekspedisi itu, Kapolda Panca Putra Simanjuntak berharap semua insan pers, tidak saja SMSI, ikut ambil bagian untuk mendukung Geopark Kaldera Toba.

Ia mengatakan Sumut sebagai tuan rumah HPN 2023, tepatnya puncak acara 9 Februari,  merupakan berkah bagi masyarakat Sumut, dimana ribuan wartawan, pekerja dan pegiat pers, para pejabat negara dari dalam dan luar negeri, akan datang ke Sumut. 

"Tunjukkan hebatnya Sumut kepada seluruh wartawan di Indonesia, jangan sampai nama baik Sumut tercoreng, jangan bikin kecewa," kata Panca yang saat itu didampingi sejumlah pejabat utama Polda Sumut.

Sebelumnya, Ketua SMSI Sumut Erris J Napitupulu yang hadir bersama Wakil Sekretaris Panitia, Irwan Manalu, mengatakan ekspedisi yang akan diikuti 200 peserta dari pengurus SMSI se-Indonesia tersebut, merupakan wujud nyata dukungan SMSI terhadap Geopark Kaldera Toba.

"Goal kami adalah bagaimana agar predikat Geopark Kaldera Toba sebagai taman bumi warisan dunia sebagaimana yang ditetapkan Unesco (Unesco Global Geopark), tetap dipertahankan menyusul akan dilakukannya revalidasi pada 2024 mendatang," sebut Erris.

HPN 2023 di Sumut, katanya lagi, merupakan momentum yang tepat untuk kembali menggaungkan dukungan semua pihak untuk Geopark Kaldera Toba. SMSI, sebutnya, akan menandatangani MoU dengan BP-GKT sebagai bentuk dukungan tersebut.

"Mulai 4 Februari, kami akan mengunjungi geosite-geosite Kaldera Toba yang ada di Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Samosir, dan berlanjut ke Siantar, Serdang Bedagai hingga puncaknya di Medan pada 7 Februari mendatang," ungkap Erris.

Selain itu, ekspedisi juga sekaligus mengeksplor potensi-potensi unggulan Sumut, hasil kerajinan Sumut, dan menjelajah objek-objek wisata di kawasan Danau Toba. 

Sementara pada puncaknya 7 Februari itu, digelar silaturahmi nasional SMSI dan pelantikan SMSI Sumut periode 2022-2027 di Aula Raja Inal Siregar Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Medan.

Pada puncak acara itu, sebut Erris, juga akan ada penyerahan penghargaan pers kepada Kapolda Panca Putra Simanjuntak, dan para kepala daerah terpilih di Sumut, termasuk juga kepada direksi Tirtanadi dan Bank Sumut.

Hadir juga pada kunjungan itu, Ketua PWI Sumut, Farianda Putra Sinik, dan Ketua JMSI Sumut, Rianto Agly, yang juga sama-sama membahas persiapan HPN 2023 di Sumut. (*)