Notification

×

Iklan

Iklan

PKS Deklarasikan Anies Baswedan sebagai Calon Presiden 2024

Kamis, 23 Februari 2023 | 16:22 WIB Last Updated 2023-02-23T09:22:55Z

Kabar Center

Presiden PKS Ahmad Syaikhu (kedua dari kiri) bersama Anies Baswedan (kedua dari kanan) dan elite PKS lainnya saat deklarasi capres di kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Kamis (23/2/203). (Foto: Dokumentasi PKS)

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah memilih Anies Baswedan sebagai Bakal Calon Presiden untuk Pemilihan Umum 2024. Keputusan ini diambil dalam Musyawarah Majelis Syura VIII yang diadakan di kantor DPP PKS di Jakarta pada Kamis (23/2/2023).

Dalam konferensi pers, Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengumumkan hasil dari MMS PKS VIII, salah satunya adalah mengusung Anies Baswedan sebagai Bakal Calon Presiden RI pada Pemilu 2024. Syaikhu menyatakan bahwa PKS memilih Anies Baswedan karena karakter nasionalis religius yang dimilikinya.

"Saudara Anies Rasyid Baswedan adalah sosok pemimpin yang memiliki karakter nasionalis sekaligus religius," ujar Syaikhu. 

Selain itu, Syaikhu menyebut Anies Baswedan sebagai sosok yang dapat memadukan nilai nasionalisme dan agama dalam membangun bangsa.

"Jika kita membaca sejarah bangsa Indonesia, kita menyaksikan bahwa kakek beliau, AR Baswedan adalah salah satu pahlawan nasional dan pendiri bangsa yang berkontribusi besar dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia di berbagai forum internasional, darah juang dan kepahlawanan Sang Kakek insyaAllah akan diwarisi oleh Saudara Anies Rasyid Baswedan," lanjut Syaikhu.

Menurut Syaikhu, Anies Baswedan memiliki rekam jejak yang mumpuni ketika menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. PKS juga melihat peluang besar Anies Baswedan untuk memenangkan Pilpres 2024 berdasarkan survei yang dilakukan oleh berbagai lembaga.

"Saudara Anies Rasyid Baswedan adalah sosok pemimpin yang memiliki rekam jejak yang mumpuni dan menjadi simbol perubahan bagi kemajuan pembangunan di DKI Jakarta. Keberhasilan tersebut membuat beliau layak untuk melanjutkan kiprah kepemimpinan di level nasional," kata dia.

PKS berharap Anies Baswedan dapat meneruskan cita-cita para pendiri bangsa dalam memajukan Indonesia ke arah yang lebih baik dengan keadilan dan perubahan yang lebih baik. 

"Di pundak Saudara Anies Rasyid Baswedan, PKS berharap beliau dapat melanjutkan cita-cita para pendiri bangsa untuk mewujudkan Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil, dan makmur dengan mengambil langkah pembaharuan berisikan perubahan dan kesinambungan pembangunan," pungkas Syaikhu.

Liputan: Rivan Efendi

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini