Notification

×

Iklan

Iklan

Miliki 22 Dokter Spesialis, RSUD Parapat Terpilih Jadi Rumah Sakit Rujukan Regional dan Internasional

Jumat, 10 Februari 2023 | 19:21 WIB Last Updated 2023-02-10T12:27:09Z
dr. Henry Jimmi didampingi para Dokter Spesialis saat memberikan keterangan kepada awak media di RSUD Parapat.

Kabar Center

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Parapat dipercaya sebagai RS rujukan regional dan RS internasional pada perayaan event kejuaraan dunia perahu motor Formula 1 (F1 H2O) yang diselenggarakan di Danau Toba, Balige, Sumatera Utara, pada 24-26 Februari 2022 mendatang.

Hal itu sesuai dengan surat resmi yang dikeluarkan Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan dr Alwi Mujahit Hasibuan M.Kes, Nomor: 400.7.3.1/ 3597/ DINKES/I/2023 tentang Penetapan Rumah Sakit Rujukan Regional dan Rumah Sakit Rujukan Utama Event Internasional.

Terpilihnya RSUD Parapat sebagai RS rujukan regional dan RS internasional dikarenakan memiliki 22 dokter spesialis dan salah satu RSU bintang lima di Kota Wisata Danau Toba Parapat, Kabupaten Simalungun.

Kesiapan RSUD Parapat ini juga didukung persiapan yang matang mulai dari Sumber Daya Manusia (SDM) dengan fasilitas pendukung semakin digenjot guna menghadapi tantangan global dan mempersiapkan diri dalam kompetisi kualitas serta kuantitas dalam pelayanan prima.

Hal itu disampaikan Direktur RSUD Parapat dr. Henry Jimmy Gultom kepada wartawan, Jumat (10/2/2023). Ia menyatakan kesiapan timnya untuk menghadapi wisatawan Domestik, Regional dan secara khusus nantinya pada Event Internasional sekelas F1H2O yang diselenggarakan di Danau Toba.

"Meskipun penyelenggaraannya di Kota Balige Kabupaten Toba, namun dampak dan efek dominonya terbukti pada bookingan pada hotel-hotel kita di Parapat memiliki dampak positif dan pada muaranya dapat meningkatkan pendapatan daerah dan income perkapita bagi kita yang tinggal di daerah Parapat Kabupaten," katanya.

Selain itu, sambung dr. Henry Jimmy, perihal kesiapan sejumlah Dokter spesialis yang sudah dipersiapkannya jauh hari sebelum Even berkelas internasional di Danau Toba juga menyampaikan isi surat dari Dinkes Provsu.

“Sesuai dengan Keputusan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia nomor 151 tahun 2022 tentang Panitia Nasional Pendukung Penyelenggaraan Balap F1H20 Tahun 2023, akan dilaksanakannya event Internasional Power boot F1H20 di Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara pada tanggal 24 sampai 26 Februari 2023," katanya.

Ia mengatakan dalam rangka mempercepat akses Sistem Rujukan ke Rumah Sakit di lokasi kegiatan Event Powerboot F1H20 Tahun 2023.

"Maka RSUD Parapat dipercaya sebagai Rumah Sakit Rujukan Regional dan Rumah Sakit Rujukan Utama dengan mempertimbangkan jumlah tempat tidur, kelas Rumah Sakit, ketersediaan, SDM dan obat-obatan serta jenis pelayanan medis yang tersedia," pungkasnya. (*)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini