Babinsa 03/Pangururan Dampingi Percepatan 5 Pilar STBM di Desa Situngkir dan Pardugul

Pio Simbolon
Jumat, 16 Desember 2022, 12:25 WIB Last Updated 2022-12-16T05:25:57Z


Kabar Center

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Rayon Militer 03/Pangururan melaksanakan pendampingan Percepatan 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Desa Situngkir dan Desa Pardugul, Kamis (15/12).

"STBM ini bertujuan mengubah perilaku masyarakat dalam hal kesehatan melalui pemberdayaan sehingga menurunnya kejadian penyakit diare dan penyakit berbasis lingkungan," kata Danramil 03/Pangururan Kapt. Inf. Sugino melalui Kopda H. Kudadiri.

TNI lanjut Kudadiri, tetap mendukung dan terus mengawal program pemerintah agar dapat berjalan dengan baik dan lancar. 

"Program STBM ini dalam rangka meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Pelaksanaan STBM dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian yang diakibatkan oleh sanitasi yang kurang baik, dan membuat masyarakat semakin sehat dan mandiri," ujarnya.

Kopda M. Kudadiri menambahkan percepatan STBM di dua desa tersebut dilakukan dengan mendata warga yg belum memiliki jamban dan air bersih.

"Dari situ nantinya akan dilakukan upaya agar masyarakat dapat memiliki jamban yang dan ketersediaan air bersih yang layak," ujarnya.

Perlu diketahui, 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) tersebut diantaranya Stop Buang Air Besar Sembarangan, Cuci Tangan Pakai Sabun, Pengelolaan Air Minum dan Makanan Rumah Tangga, Pengamanan Sampah Rumah Tangga dan Pengamanan Limbah Cair Rumah Tangga.

Kegiatan ini juga ikut dihadiri perwakilan dari provinsi penanggung jawab STBM Kristina Bangun M.Kes, Bindes dari Puskes Buhit Pangururan, Kepala Desa Situngkir dan Desa Pardugul, Perangkat Desa Situngkir dan Desa Pardugul serta masyarakat ke dua desa.

Komentar

Tampilkan

Terkini

PERISTIWA

SOSIAL

+