Danramil 03/Pangururan Irup 'Berbakti Kepada Orang Tua' di SMA Negeri 1

JM
Senin, 28 November 2022, 12:33 WIB Last Updated 2022-11-28T05:33:49Z


KABARCENTER.com

Danramil 03/Pangururan Kapt. Inf. Donald Panjaitan bertindak sebagai Inspektur Upacara Pengibaran Bendera di SMA Negeri 1 Pangururan, Senin (28/11).

Pengibaran bendera ini mengangkat tema, "Berbakti Kepada Orang Tua Adalah Cermin Berbakti Kepada NKRI".

Komandan Korem 023/KS Kolonel Inf Dody Triwinarto, S.I.P., M.Han dalam amanatnya yang dibacakan Danramil 03/Pangururan Kapt. Inf. Donald Panjaitan mengatakan, berbakti kepada orang tua harus menjaga tutur kata kepada orang tua dengan cara yang sopan dan lembut.

"Membantu meyelesaikan pekerjaan rumah. Sebagai seorang anak yang ingin berbakti kepada orang tua, Kita bisa memulainya dengan cara membantu mereka dalam menyelesaikan pekerjaan rumah," kata Danrem 023/KS.

Menurutnya, banyak pekerjaan yang dikerjakan orang tua terutama oleh ibu, dan itu sangat melelahkan.

Kemudian lanjut dia, dengan patuh terhadap perintah orang tua. apabila orang tua meminta bantuan maka agar tidak menunda atau bahkan menolaknya.

"Bayangkan saja, orang tua kita sudah melayani kita anak-anaknya sejak bayi tanpa pernah mengeluh dan penuh dengan kesabaran dan juga kasih sayang. Jadi sangat tidak pantas jika kita selalu menolak perintah orang tua atau bahkan malas-malasan dalam melakukan perintah mereka," ujarnya.

Selanjutnya, sebagai anak harus selalu sabar dan tahan amarah. Umumnya, semakin bertambah usia orang tua, maka akan semakin rewel sikap yang mereka tunjukkan. Ada istilah semakin tua seseorang mereka akan kembali bersikap layaknya anak kecil. terkadang hal tersebut juga dipicu karena kondisi kesehatan yang terkadang sudah tidak prima.

"Kemudian contoh yang perlu kita terapkan untuk menghargai perjuangan mereka adalah dengan belajar giat, belajar dengan sungguh-sungguh, selalu bersikap baik, dan menghargai selalu perjuangan orang tua," lanjut Kolonel Inf Dody Triwinarto.

Masih dalam amanatnya, Kolonel Inf Dody Triwinarto mengatakan agar selalu merawat orang tua. seperti diketahui bahwa setiap orang tua pasti akan merawat anak-anaknya dari kecil hingga dewasa. 

"Mereka akan merawat anaknya dengan penuh ketelatenan dan juga kesabaran. ketika anaknya sakit, orang tua selalu siap untuk menjaga dan merawatnya tanpa pamrih," tuturnya.

Kendati demikian, tidak semua siswa siswi masih memiliki orang tua. Bagi para siswa yang sudah tidak lagi memiliki orang tua, Kolonel Kolonel Inf Dody Triwinarto menyebut, para siswa pun tetap harus menghormati orang tua yang sudah meninggal dunia.

"Mendoakan dan memohon ampun bagi orang tua, menjalin silahturahmi dengan kerabat orang tua, bersedekah atas nama orang tua, menyebarkan ilmu yang bermanfaat, melunasi hutang kedua orang tua dan menjaga nama baik orang tua," pungkasnya.

Komentar

Tampilkan

Terkini

PERISTIWA

SOSIAL

+