Peringati Harganas ke 29, Bupati Samosir: Mari Gelorakan Semangat “Anakkon Hi Do Hamoraon di Ahu”

G.M
Rabu, 10 Agustus 2022, 22:41 WIB Last Updated 2022-08-29T03:11:03Z


KABARCENTER.com

Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DISP3A PPKB) menggelar acara peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 Tingkat Kabupaten Samosir, bertempat di Halaman Perkantoran Bupati Samosir, Rabu (10/8).

Kadis P3APPKB dr. Friska Situmorang dalam laporan kegiatan menyampaikan Peringatan Harganas Tingkat Kabupaten Samosir Tahun 2022 ini mengambil tema “Ayo Cegah Stunting agar Keluarga Bebas Stunting”. 

Menurutnya, secara umum tujuan kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan komitmen keluarga tentang pentingnya pelaksanaan fungsi-fungsi keluarga sebagai dasar pembangunan ketahanan dan kesehjateraan keluarga, serta mendorong kemandirian keluarga dalam mewujudkan keluarga kecil yang berketahanan dan sejahtera.

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom dalam sambutannya menyampaikan bahwa perayaan Hari Keluarga Nasional sesuai dengan tema yang diusung, hendaknya menjadi momentum dan tekad bersama untuk saling membantu dalam penurunan stunting, dengan semangat kebersamaan untuk mencapai angka prevalensi stunting dengan target nasional sebesar 14 persen pada tahun 2024.

Lanjutnya, upaya penurunan stunting merupakan kebijakan yang terintegrasi mulai dari pusat sampai ke daerah, untuk itu perlu adanya sosialisasi dan edukasi penurunan stunting secara masif kepada masyarakat, seperti dengan penguatan kerangka intervensi gizi spesifik yang difokuskan pada 1000 hari pertama kehidupan (HPK) yang berhubungan dengan peningkatan gizi dan kesehatan.

Ditengah tantangan dan permasalahan kependudukan, Bupati Vandiko mengajak seluruh jajarannya, agar selalu memberikan pelayanan yang maksimal terhadap seluruh masyarakat melalui peningkatan kinerja pelayanan, serta bersinergi dengan para pemuka agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan para pemimpin informal lainnya dalam mewujudkan keluarga yang mandiri, bahagia dan sejahtera.

“Selamat Hari Keluarga bagi seluruh keluarga di Kabupaten Samosir, Mari gelorakan semangat ‘Anakkon Hi do Hamoraon di Ahu’ maka akan memotivasi dalam mewujudkan keluarga yang berketahanan sehingga menghasilkan generasi unggul dalam membangun Kabupaten Samosir” ujar Bupati Vandiko mengakhiri sambutannya.

Sementara itu, perwakilan BKKBN Provsu Lucy Destriani dalam sambutannya menyampaikan target penurunan stunting sebesar 14 persen harus dicapai dengan usaha dan komitmen pemerintah daerah untuk memobilisasi seluruh sumber daya, dan memastikan percepatan penurunan stunting sebagai prioritas dan setiap intervensi yang diperlukan sampai ke tingkat keluarga yang dikategorikan berisiko stunting.

Diakhir kegiatan, Bupati Samosir memberikan hadiah dan penghargaan kepada pemenang lomba-lomba dalam rangka Hari Keluarga Nasional ke-29 Tingkat Kabupaten Samosir.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Samosir Drs. Martua Sitanggang, MM, Unsur Forkopimda Kab. Samosir, Sekda Kab. Samosir, Pimpinan OPD Se-Kabupaten Samosir, Ketua TP PKK Kab. Samosir dan TP PKK Kecamatan, Ketua Darma Wanita Persatuan, dan Ketua Ikatan Bidan Indonesia Cab. Samosir. (Rel)

Komentar

Tampilkan

Terkini

PERISTIWA

SOSIAL

+