Wabup Samosir Martua Sitanggang Serahkan Bantuan Alsintan

JM
Rabu, 27 April 2022, 16:17 WIB Last Updated 2022-04-27T09:17:51Z

Penandatanganan perjanjian kesanggupan ini disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Samosir bersama Plt. Kadis Ketapang dan Pertanian, Sekdis Tumiur Gultom.

KABARCENTER.com

Wakil Bupati Samosir Martua Sitanggang menyerahkan bantuan alsintan (alat dan mesin pertanian) kepada kelompok tani di komplek perkantoran Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, 27/04.

Bantuan berupa corn seller (mesin pemipil jagung) sebanyak 5 unit dan power thresher (mesin perontok padi) sebanyak 5 unit diserahkan kepada 10 kelompok tani di Kabupaten Samosir.

Wabup mengatakan, penyaluran bantuan alsintan merupakan fokus Pemkab Samosir dalam meningkatkan kesejahteraan petani. 

Alat dan mesin pertanian diharapkan mampu meningkatkan pendapatan petani khususnya dalam proses hasil panen padi dan jagung serta mewujudkan swasembada pangan di Kabupaten Samosir.

Kepada penerima, Wabup menekankan agar benar-benar memelihara dan menggunakan bantuan sesuai dengan kebutuhan kelompok.

"Pertanian menjadi prioritas, tanpa pertanian yang maju masyarakat tidak akan sejahtera, hasil pertanian nantinya akan menjadi konsumsi sektor pariwisata di Kabupaten Samosir," kata Wabup

Wakil Bupati Samosir juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Martin Manurung (Anggota DPR RI) yang tetap memberikan perhatian kepada masyarakat Samosir dan menjalin komunikasi dengan Kementerian Pertanian sehingga alsintan dialokasikan kepada Pemkab Samosir.

Kedepan apa yang menjadi produk unggulan dari Samosir dapat dikelola langsung dan diberi label sehingga hasil produksi petani Samosir tidak dicaplok daerah lain. 

"Dengan demikian penghasilan petani akan meningkat dan sejahtera," pungkas Martua Sitanggang.

Plt. Kadis Ketapang dan Pertanian Andri P. Limbong menegaskan, penggunaan alat pertanian ini akan tetap dipantau pemeliharaan dan manfaatnya ditengah kelompok tani. 

"Jika ditemukan adanya alat yang tidak terpelihara maka akan dipindahkan kepada kelompok lain," kata Andri.

Dalam hal ini, kelompok tani penerima diwajibkan menanda tangani surat perjanjian kesanggupan pemeliharaan, tambahnya.

Penandatanganan perjanjian kesanggupan ini disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Samosir bersama Plt. Kadis Ketapang dan Pertanian, Sekdis Tumiur Gultom.

Daftar penerima bantuan diantaranya, kelompok Sahapa (Desa Hutanamora-Pangururan), Sinar Tani (Desa Lumban Suhi-Pangururan), Martumbur (Desa Hatoguan-Palipi), Sirupada (Desa Lintong Nihuta-Ronggur Nihuta), Hijau Tani (Desa Urat II-Palipi) masing-masing menerima alat pemipil jagung

Penerima mesin perontok padi diberikan kepada Kelompok Marsiurupan I (Desa Cinta Maju-Sitio-tio), Wanita Dosriha (Desa Sigaol Simbolon-Palipi), Dalito (Desa Aek Sipitudai-Sianjur Mula mula), Harapan Bunda (Desa Garoga-Simanindo) Sigaol-gaol (Desa Janji Matogu-Onan Runggu). (Kc7)

Komentar

Tampilkan

Terkini

PERISTIWA

SOSIAL

+