Notification

×

Iklan

Iklan

Desa Sukaresmi Bandung Barat Dilanda Longsor, Seorang Warga Meninggal Dunia

Sabtu, 16 April 2022 | 08:41 WIB Last Updated 2022-08-29T03:11:03Z
Tim melakukan pencarian

KABARCENTER.com

Desa Sukaresmi, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat, dilanda banjir dan longsor pada Kamis (14/4). Satu warga meninggal dunia akibat tertimpa material longsor.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari menyebut, korban tewas itu berusia 8 tahun.

Kronologis Kejadiannya

Menurut penuturan warga, korban bersama dua rekannya pulang mengaji dari lokasi tidak jauh dari rumahnya. Tiba-tiba jalan yang dilalui longsor dan menyeret ketiganya. Dua anak berhasil diselamatkan, namun satu di antaranya tidak terselamatkan.

Hingga kini, satu korban lain masih dalam pencarian tim gabungan di lapangan. Namun pencarian dihentikan karena kondisi cuaca hujan.

"Pencarian dilanjutkan besok pagi pukul 08.00 WIB," kata Abdul mengutip pernyataan Kalaksa BPBD Bandung Barat Dudi, Jumat (15/4).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandung Barat mencatat, kejadian ini juga berdampak pada 22 unit rumah rusak, 10 di antaranya mengalami rusak berat. Kemudian berdampak pada 3 hektar lahan pertanian sawah dan perkebunan, serta akses jalan desa tertutup hanya bisa dilalui pejalan kaki.

Sesaat setelah kejadian, BPBD Bandung Barat bersama tim gabungan yang terdiri dari Tni Polri, Basarnas, Tagana, PMI, Pemerintah Desa dan Masyarakat segera tiba di lokasi untuk melakukan upaya penanganan darurat dan operasi pencarian. Koordinasi dengan pemerintah setempat juga terus dijalin dalam mengantisipasi adanya banjir atau longsor susulan.

Sebagai informasi, banjir dan longsor terjadi setelah hujan dengan insentitas tinggi mengguyur Desa Sukaresmi pada Kamis (14/4) pukul 20.00 WIB.

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini