Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Samosir: Bimtek Fintech Business Matchmarking Bantu Pengembangan UMKM

Kamis, 14 April 2022 | 14:43 WIB Last Updated 2022-04-14T07:43:30Z

KABARCENTER.com

Bimbingan Teknis Fintech Business Matchmarking dengan tema ‘Temukan Peluang Baru Bagi Pengembangan Bisnismu’ yang dilaksanakan di Hotel Four Point by Sheraton Medan, Kamis (14/4/2022) sangat bermanfaat bagi pengembangan UMKM, khususnya di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Sahaluddin Uno menyampaikan bahwa fintech akan menghadirkan solusi kepada UMKM yang belum bisa mendapatkan akses pembiayaan. 

"Dengan memberikan solusi akses pembiayaan, akan membangkitkan ekonomi, terbuka peluang usaha dan lapangan kerja akan tercipta," ujar Sandiaga.

Dia menambahkan, bahwa pariwisata ditargetkan berkontribusi terhadap perekonomian nasional meningkat sekitar 15-20 persen dan kontribusinya menuju di angka 5 persen.

“Ekonomi kreatif lebih signifikan. Dari 7 persen kita targetkan bisa mencapai 8 persen. Sehingga kombinasi pariwisata dan ekonomi kreatif ini mencapai 12-13 persen kontribusinya terhadap perekonomian nasional. Jadi, jangka menengah dan jangka panjangnya kita targetkan 15 sampai 20 persen. Tapi yang paling penting, tahun ini kita akan menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru, dimana 400 ribu di bidang pariwisata dan 700 ribu pada bidang ekonomi kreatif,” ungkapnya.

Sementara Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, ST menyampaikan terima kasih kepada Menparekraf Sandiaga Uno atas pelaksanaan bimtek ini. Dikatakan, bimtek ini sangat membantu dalam pengembangan UMKM.

“Bahwa ternyata masalah UMKM yang utama adalah pembiayaan. Dan, dengan pelaksanaan bimtek ini, skema pengelolaan UMKM dapat terjawab dan UMKM dapat berkembang ke depan,” kata Bupati Samosir. 

Pada kesempatan itu, Menparekraf didampingi Bupati Samosir, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Samosir bekerja sama dengan PT. Global Inspeksi Sertifikasi menyerahkan sertifikat kepada 3 hotel di Samosir, yaitu Tabo Cottages, Rogate Beach Ressort dan Saulina Ressort 

Kemudian, ketiga pemilik hotel tersebut juga memberikan cinderamata kepada Menparekraf Sandiaga Uno berupa kecapi, Ulos dan kopi yang diserahkan oleh Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom. (Rel)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini