Notification

×

Iklan

Iklan

Masih Lakukan Invasi, Kanada Akan Bantu Ukraina Lawan Rusia

Senin, 28 Februari 2022 | 09:51 WIB Last Updated 2022-08-29T03:11:03Z
Kerusakan di Vihlehirsk, dekat Debaltseve, membuktikan intensitas pertempuran | BBC

KABARCENTER.com

Kanada akan memberikan bantuan kepada Ukraina dalam menghadapi invasi Rusia. Bantuan yang diberikan berupa peralatan militer seperti senjata. Bantuan tersebut juga merupakan respon permintaan langsung dari Wakil Perdana Menteri Ukraina Olha Stefanishyna.

Menteri Luar Negeri Kanada Melanie Joly mengatakan pasukan Ukraina membutuhkan rompi anti peluru, helm, masker gas, dan peralatan penglihatan malam.

Meski demikian, pihak Kanada masih enggan mengirimkan pasukan untuk membantu Ukraina. Bantuan dari Kanada akan berjumlah CAN$25 juta Kanada.

Sementara, Menteri Pertahanan Kanada Anita Anand menegaskan kembali bahwa misi tempur belum menjadi pilihan Kanada saat ini.

Pada 14 Februari lalu, Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, mengatakan negaranya memberikan alat utama sistem pertahanan (alutsista) senilai CAN$7,8 juta (Rp87 miliar) ke Ukraina.

"Mengingat kegentingan situasi dan melanjutkan diskusi dengan mitra Ukraina kami, saya telah menyetujui penyediaan peralatan dan amunisi mematikan senilai CAN$7,8 juta (Rp87 miliar)," kata Trudeau dalam sebuah konferensi pers, dikutip dari AFP.

"Ini merespons permintaan spesifik Ukraina, dan menambahkan peralatan yang tak mematikan yang telah kami berikan," tambahnya.

Kanada yang juga rumah bagi 1,3 juta diaspora Ukraina, telah memerintahkan pelatih militer negara itu pergi dan menutup kedutaan mereka di Kiev.

Sebelumnya, sebanyak 200 tentara Kanada telah ditempatkan di Ukraina sejak 2015. Penempatan ini dilakukan sebagai bagian dari misi UNIFIER, yang berfokus pada pelatihan tentara Ukraina. (*/cnn)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini