Notification

×

Iklan

Iklan

Samosir Terima Paket RDTR OSS

Selasa, 21 Desember 2021 | 13:42 WIB Last Updated 2022-08-29T03:11:03Z

KABARCENTER.com

Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom menghadiri ekspose hasil Penyusunan Rancangan Peraturan Bupati tentang RDTR Kawasan Pariwisata Sianjurmulamula dan Harian, di Cambridge Hotel Medan, Senin (20/12/2021).

Kegiatan ini diselenggarakan Direktorat Perencanaan Tata Ruang Nasional, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional yang sedang melaksanakan kegiatan Penyusunan Rancangan Peraturan Bupati dan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kawasan Pariwisata Sianjurmulamula dan Harian untuk mendukung Online Single Submission (OSS).

Dalam paparannya, Dwi Hariyawan, Staf Ahli Menteri Bidang Pengembangan Kawasan dan juga Plt. Direktur Perencanaan Tata Ruang Nasional, menyampaikan bahwa Kabupaten Samosir salah satu penerima dari 17 paket kegiatan RDTR OSS. Secara keseluruhan, dari 508 kabupaten/kota masih sebagian kecil yang saat ini memiliki Peraturan Daerah (Perda) tentang RDTR.

Pada September 2021, kata Hariyawan, mulai dilanjutkan kembali proses penyusunan 17 paket kegiatan RDTR OSS, salah satunya RDTR OSS Samosir untuk mendapatkan Materi Teknis yang siap diproses legalisasinya. 

“Jangka waktu penyusunan penetapan RDTR dibatasi paling lama 12 bulan terhitung sejak pelaksanaan penyusunan RDTR,” paparnya.

Konsep yang diharapkan RDTR OSS ini mencakup dua hal utama yaitu mesin pertumbuhan kawasan; dan kawasan yang memiliki jiwa. 

Sebagai mesin kawasan, Kabupaten Samosir diharapkan mengoptimalkan pariwisata bentang alam dan budaya yang menjaga nilai-nilai penting tingkat dunia sebagai bagian dari Unesco Toba Caldera Global Geopark dan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional. 

Sebagai kawasan yang memiliki jiwa, Kabupaten Samosir diharapkan merevitalisasi kearifan lokal, adat istiadat dan filosofi Batak yang masih kental dan dijunjung tinggi masyarakat sebagai subjek utama penggerak 
pariwisata.

Bupati menyampaikan apresiasinya kepada Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Direktorat Jenderal Tata Ruang atas masuknya Kabupaten Samosir salah satu dari 17 paket RDTR OSS. 

Ia menambahkan, Pemkab Samosir menyampaikan terima kasih atas fasilitasi yang diberikan Kementerian ATR/BPN dan tetap akan bersinergi untuk mewujudkan RDRT OSS pada bentuk idealnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh para pejabat utama Pemkab Samosir dan pejabat utama Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Direktorat Jenderal Tata Ruang.

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini