Ferdinand Marcos Dikabarkan Bakal Maju Pilpres Filipina

G.M
Selasa, 05 Oktober 2021, 15:49 WIB Last Updated 2021-10-21T06:20:28Z

Ferdinand Marcos Jr atau Bongbong

KABARCENTER.com

Ferdinand Marcos Jr, putra mendiang diktator Filipina Ferdinand Marcos,  dikabarkan bakal maju dalam pemilihan presiden (pilpres) tahun depan. Keikutsertaannya tahun itu menambah ramai bursa pencolonan presiden yang juga diikuti mantan petinju Manny Pacquiao.

Pria yang akrab disapa Bongbong itu terjun ke politik pada 1991 usai pulang dari pengasingan,  menyusul penggulingan ayahnya pada 1986. Sejak itu dia sempat menjabat gubernur, anggota Kongres dan Senator.

Melansir Surat kabar The Philippine Star menyebut rencana Macos itu melalui akun media sosial resmi, mengutip koresponden. 

Pengacara Marcos, Vic Rodriguez, dikutip dari Reuters, Selasa (5/10/2021), mengatakan belum ada keputusan akhir yang dibuat. Pada Selasa Marcos dilantik sebagai ketua partai politik yang sebelumnya mencalonkan dirinya sebagai calon presiden.

Partai, kata Rodriguez, masih mengadakan pertemuan membahas masalah ini dan laporan soal pencalonan Marcos dalam pilpres masih mentah.

Ajudan Marcos juga tidak mengonfirmasi laporan Philippine Star dengan mengatakan tidak ada pengumuman soal pencalonan hari ini, namun akan menyampaikan sesuatu dalam waktu mendatang.

Marcos gagal mencalonkan diri sebagai wakil presiden pada 2016. Perebutan posisi puncak pemerintahan Filipina ini akan menjadi langkah besar bagi keluarga Marcos.

Keluarganya sejak lama berusaha membangun kembali citranya dan berulang kali membantah tuduhan korupsi dengan menjarah miliaran dolar kekayaan negara saat berkuasa. pemerintahan Ferdinand Marcos berakhir melalui People's Power pada 1980-an. (IN/*)

Komentar

Tampilkan

Terkini

PERISTIWA

SOSIAL

+