Dukung Wisata Pangururan, Bupati Samosir Pimpin Rakor Penyediaan Air Baku

Pio
Rabu, 06 Oktober 2021, 10:38 WIB Last Updated 2021-10-21T06:20:28Z


KABARCENTER.com

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom, ST memimpin rapat koordinasi (Rakor) penyediaan air baku untuk mendukung kawasan pariwisata Pangururan, bertempat di Kantor Satker Pelaksana Prasarana Permukiman Wilayah III BPPWSU Jalan Sisingamangaraja Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Parapat, Selasa (5/10).

Hadir dalam rapat koordinasi ini mewakili Kementerian PUPR, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumut Syafril Tansiel, Kasatker SNVT PJPA BWSS II Robby Indra G, Kasatker Wilayah II BBPJN (Rudisman), PPK Air Minum dan PPK Satker Wilayah III BPPWSU. Sementara itu, Bupati Samosir didampingi Asisten Ekbang Sekdakab Samosir Saul Situmorang, Kepala Bappeda Rudi Siahaan, Kadis PeraKPP Hut Isasar Simbolon, Plt. Kadis PUPR Sarimpol Manihuruk dan Kepala PDAM Cabang Samosir.

Rapat koordinasi bertujuan untuk menyepakati Rencana Aksi Penyediaan Air Minum di Kecamatan Pangururan dan sekitarnya dengan memanfaatkan potensi air baku yang ada dengan sistem gravitasi. Mengingat pentingnya kebutuhan air minum yang layak untuk masyarakat dan sejalan dengan berkembangnya pariwisata Samosir.

Secara tupoksi Balai Wilayah Sungai Sumatera II direncanakan akan membangun sampai tahap reservoar, sedangkan Balai Prasarana Permukiman akan melanjutkan pengembangan Jaringan Distribusi Air minum sampai ke permukiman warga, sementara itu Balai Besar Jalan Nasional bertugas untuk menyediakan Box Utilitas baik di jalan nasional maupun di Jembatan Tano Ponggol. 

Setelah paparan rencana program dari masing-masing balai dan diskusi antara Pemkab Samosir dengan jajaran Kementerian PUPR, maka disepakati program prioritas pemanfaatan air baku untuk penyediaan air minum di Pangururan bersumber dari Sianjur Mula -Mula, sedangkan Air Baku Tombak Pangaribuan di Kecamatan Palipi akan diprioritaskan untuk penyediaan air minum di Kecamatan Palipi dan sebahagian Pangururan.

Diakhir pertemuan masing-masing pihak menyepakati akan menindaklanjuti sesuai dengan tupoksinya, dengan melihat peluang dan manfaat ditetapkannya Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas atau KSPN Danau Toba. (rel)

Komentar

Tampilkan

Terkini

PERISTIWA

SOSIAL

+