Duel Gegara Utang, Dua Pelajar di Jambi Akan Diberi Edukasi

G.M
Jumat, 22 Oktober 2021, 09:55 WIB Last Updated 2021-10-22T02:55:12Z

Ilustrasi

KABARCENTER.com

Jambi - Dua pelajar di Bungo, Jambi, terlibat duel keras yang diduga dipicu masalah utang Rp 20 ribu. Polisi kemudian turun tangan untuk memberi edukasi kepada pelajar tersebut agar tidak mengulangi perbuatannya.

"Kita akan berikan edukasi kepada anak-anak yang ada di lokasi kejadian, karena kita harap agar hal serupa tidak terjadi lagi. Harusnya upaya melerai dilakukan apabila melihat kawannya berkelahi dan bukan menjadi bahan tontonan bahkan direkam untuk konsumsi," ujar Kapolres Bungo AKBP Guntur Saputro, saat dikonfirmasi, Jumat (22/10/2021).

"Nanti akan kita sidik dan tangani prosedural sesuai ketentuan undang-undang peradilan anak, karena tersangka adalah anak, yang paling utama adalah edukasi," katanya.

Guntur mengatakan polisi juga akan menindaklanjuti kejadian itu dengan upaya mitigasi ke keluarga korban. Hal itu dilakukan agar keluarga korban tidak ada yang terprovokasi.

"Nantinya kepada para saksi yang ada di TKP juga akan kita panggil dengan didampingi orang tua serta Datuk Rio (Kepala Desa) karena tanggung jawab pembinaan anak-anak menjadi tanggung jawab kita bersama, baik itu orang tua, guru dan masyarakat," kata Guntur.

Sebelumnya, video menunjukkan duel keras di antara dua pelajar SMP di Bungo, Jambi, viral di media sosial. Satu orang pelajar dilarikan ke rumah sakit karena luka berat.

Dalam Video viral berdurasi 1 menit 9 detik ini tampak kedua pelajar SMP itu berduel di sekitar perkebunan kelapa sawit. Pelajar lain terlihat berada di sekitar keduanya.

Tak ada yang terlihat melerai dua pelajar itu. Orang-orang di sekitarnya terdengar mengadu agar keduanya terus berduel.

Dua pelajar di Bungo, Jambi, terlibat duel keras hingga menyebabkan salah satunya dirawat di rumah sakit. Duel keras itu diduga dipicu masalah utang Rp 20 ribu.

"Ini karena lantaran salah paham saja, masalah utang-piutang gitu lah, masalah uang Rp 20 ribu dan akhirnya terjadi duel gitu," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bungo, Masril, saat dimintai konfirmasi, Kamis (21/10).

Perkelahian itu disebut terjadi di luar sekolah. Pihak sekolah sudah memberikan teguran terhadap kedua siswa.

"Sekarang kan keduanya sudah di Sumatera Barat, karena satu di antaranya ada korban, maka dilarikan ke RS dan orang tua yang dari pelajar satunya lagi juga di Padang, Sumatera Barat, untuk ikut menyelesaikan persoalan biaya pengobatan korban hingga sembuh," ucap Masril.

Dia mengatakan kedua pelajar itu bakal diberikan sanksi administratif. Namun dia belum menjelaskan apa bentuk sanksinya. (dtc/kc5)

Komentar

Tampilkan

Terkini

PERISTIWA

SOSIAL

+