Kabar Baik: Update Covid-19 di Samosir Hari Ini, Posisi Berada Pada Level Dua

Pio
Jumat, 10 September 2021, 23:23 WIB Last Updated 2021-09-10T16:23:02Z

Vaksinasi di Kecamatan Harian, Kamis (02/09).

Kabar Center - Samosir

Dinamika perkembangan kasus konfirmasi positif membuat posisi Kabupaten Samosir pada level 2. Namun keadaan ini masih dapat berubah-ubah sesuai dengan dengan perkembangan yang terjadi pada beberapa hari ke depan hingga tanggal 20 September.

Demikian disampaikan Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Samosir Saut M. Manihuruk melalui keterangan tertulis yang dilihat Kabar Center, Jumat (10/09).  

Menurutnya, hal penting saat ini adalah tetap menjaga sikap dan perilaku masyarakat tetap konsisten melakukan protokol kesehatan dan jangan terlarut euforia pelandaian kasus. 

"Ujian belum selesai, karenanya mari tetap konsisten melakukan PPKM Level 3 sebagai ukuran seberapa tangguh kita melakukan upaya pencegahan, pengendalian, dan penanganan Covid-19 dengan tetap meningkatkan kapasitas respon kesehatan yang memadai dan disiplin diri melakukan protokol kesehatan," tulisnya.

Dia menambahkan, hal lain yang perlu diperhatikan adalah ketersediaan vaksin beberapa hari ke depan masih tersedia namun Satgas berada pada posisi untuk mengupayakan rantai pasok ini melakukan pendekatan ke pemerintah atasan atau melalui jalur-jalur lain yang memungkinkan pengadaan vaksin. 

"Sebegitu jauh, pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas sudah berjalan beberapa hari dan belum ada indikasi adanya transmisi. Namun, Satgas akan memantau keadaan lapangan melalui pengelola sekolah," lanjutnya.

Hingga saat ini, data yang dihimpun dari Dinas Pendidikan Kabupaten Samosir, guru dan tenaga kependidikan yang sudah mendapat vaksin adalah sebagai berikut:

1. Tingkat Sekolah Dasar (SD): jumlah Guru dan Tenaga Kependidikan: 1.678 orang. 

Jumlah penerima vaksin dosis (1), 1.578 orang, dosis (1&2) 1.458 orang dan yang belum menerima vaksinasi sejumlah 100 orang.

2. Tingkat Sekolah Dasar (SMP): jumlah Guru dan Tenaga Kependidikan: 689 orang. 

Jumlah penerima vaksin dosis (1), 666 orang; dosis (1&2), 654 orang; dan yang belum menerima vaksinasi sejumlah 23 orang.

"Mari tetap memelihara semangat melakukan PPKM Level 3 yang telah ditetapkan pada Instruksi Bupati (Inbup) Samosir Nomor 7 Tahun 2021 dengan tujuan kita dapat menuju Level 2 atau 1 dalam kurun waktu 10 hari ke depan," ajak Saut Manihuruk.

Dilanjutkan, perlu mengingat bahwa ini adalah pekerjaan bersama di semua lini karenanya sikap kebersamaan dalam gotong royong perlu dilakukan selama pandemi ini.

"Sehingga yang kita harapkan bersama dapat terwujud dan kita dapat menjaga Kabupaten Samosir pada level zero Covid-19," katanya.

Kasus per hari ini, Jumat (10/09), bertambah terkonfirmasi 3 orang, Sembuh 11 orang, Suspek 2 orang, probable 1 orang, kasus aktif 46 orang, isolasi mandiri 39 orang dan yang menjalani perawatan di RSUD dr. Hadrianus Sinaga Pangururan 5 orang.

Komentar

Tampilkan

Terkini

PERISTIWA

SOSIAL

+