Antisipasi Longsor, PBB Samosir Akan Tanam 1000 Batang Pohon Mahoni

G.M
Minggu, 26 September 2021, 18:43 WIB Last Updated 2021-10-21T06:20:28Z

Pemuda Batak Bersatu Kabupaten Samosir melaksanakan persiapan penanaman 1000 batang bibit Pohon Mahoni di kawasan Tele, Minggu (26/09).

KABARCENTER.com

Pemuda Batak Bersatu (PBB) Kabupaten Samosir akan melaksanakan penanaman pohon Mahoni sebanyak 1000 batang di kawasan jalan tele pada hari Kamis (30/09) mendatang. Hal itu dilakukan mengingat kawasan tele termasuk kawasan yang rawan longsor.

"Untuk mengantisipasi terjadinya longsor kita melakukan penanaman pohon di kawasan tele dan hari ini kita melakukan persiapan untuk itu. Karena acara launching penanaman pohon tersebut akan kita launching pada Kamis depan," kata Ketua DPC PBB Kabupaten Samosir Roland Sitanggang, SH ketika dikonfirmasi KABARCENTER.com, Minggu (26/09).

Dikatakan, pohon Mahoni tersebut merupakan bantuan dari Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara yang disalurkan melalui Komunitas Samosir Peduli Sesama (KSPS).

"Persiapan hari ini kita melakukan pemetaan lokasi. Kemudian menggali lubang dan memberi garam sebelum melaksanakan penanaman pohon. Agar nantinya pohon tersebut dapat bertumbuh dengan baik," ungkapnya.

Roland Sitanggang menambahkan, Komunitas Samosir Peduli Sesama terdiri dari beberapa organisasi di Kabupaten Samosir dan salah satunya adalah Pemuda Batak Bersatu.

"Jadi yang kita usulkan kepada komunitas tersebut adalah pengadaan bibit pohon Mahoni sebanyak 1000 batang yang akan ditanam di sekitaran jalan Tele," ungkap Roland.

Sementara itu Ketua Komunitas Samosir Peduli Sesama (KSPS) Ria Gurning saat dikonfirmasi wartawan membenarkan bantuan tersebut sebanyak 1000 pohon Mahoni.

"Kita berharap agar seluruh elemen termasuk masyarakat samosir untuk bersama-sama menjaga pohon tersebut. mari kita lestarikan alam dan lingkungan kita. Jangan ada lagi penebangan pohon," katanya.

Menurutnya, saat ini pemanfaatan lahan-lahan kosong bukan hanya di sekitar hutan namun di lahan-lahan masyarakat seperti halaman rumah. 

Lahan tersebut katanya dapat dimanfaatkan untuk ditanami tanaman-tanaman yang dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.

"Dengan menggunakan polybag juga bisa. Bercocok tanam dengan cara Hidroponik," imbuhnya.

Tak lupa, wanita yang kerap membantu warga itu menyampaikan terimakasih kepada seluruh organisasi yang ada di dalam Komunitas Samosir Peduli Sesama.

"The best lah. Mari bersama-sama peduli kepada sesama khususnya untuk warga Samosir," pungkasnya.

Komentar

Tampilkan

Terkini

PERISTIWA

SOSIAL

+