Notification

×

Iklan

Iklan

Demi Percepatan Pembangunan DPSP, Bupati Vandiko Usulkan Perlunya Sinergitas

Kamis, 10 Juni 2021 | 23:00 WIB Last Updated 2021-07-11T04:33:19Z

Kabar Center - Samosir

Bupati Samosir Vandiko T.  Gultom, ST didampingi Wakil Ketua DPRD Samosir Pantas Marroha Sinaga, Kepala Bappeda Rudi SM. Siahaan dan Kadis Pariwisata Dumosch Pandiangan menghadiri Rapat Koordinasi Akselerasi Pengembangan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba, Kamis, 10 Juni 2021 di Hotel Niagara Parapat, Simalungun. 

Rapat Koordinasi dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif /Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiago S. Uno, juga dihadiri oleh Gubernur Sumatera Utara yg diwakili oleh Asisten Ekbang Sekdapropsu, Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi kreatif Kemenkomarves Odo Manuhutu, Dirut BPODT Jimmy B. Panjaitan, Bupati dan Ketua DPRD se-kawasan Danau Toba, BP. Geopark Kaldera Toba, Kepala BPIW Kementerian PUPR dan Para Kepala Balai Kementerian /Lembaga di Propinsi Sumatera Utara.  

Setelah Kepala BPIW mensosialisasikan muatan Integrated Tourism Master Plan ( ITMP, ), Menteri Parekraf mempersilakan Para Bupati memberikan tanggapan dan usulan terkait Muatan ITMP dimaksud. 

Bupati Samosir Vandiko T. Gultom melaporkan Progres kegiatan DPSP Danau Toba di Kabupaten Samosir yg sudah, sedang dan akan dikerjakan di kabupaten Samosir, dimana semua program/Kegiatan dimaksud sudah sesuai dengan Dokumen ITMP.  

Beberapa usulan Bupati Samosir yaitu, percepatan Terbitnya Perpres ITMP agar mengikat kepada semua pihak, penanganan sarana prasarana 45 Desa Wisata di Kab. Samosir, rapat Koordinasi rutin Kepada bupati se-Kawasan Danau Toba untuk sinergitas program. Contoh Program Sinergitas dimaksud adalah jalan Lingkar luar Danau Toba Konektivitas 7 (tujuh) Kabupaten,  penanganan jalan Menuju Tigaras pintu masuk Ke Samosir melalui Tigaras.

Bupati Samosir juga menyampaikan bahwa Terkait Usulan Program /Kegiatan yang mendukung Kepariwisataan di Kabupaten Samosir sudah di bahas dengan Dirut BPODT tanggal 13 Mei 2021.

Dipenutup acara, Sandiago Uno menyimpulkan bahwa Sosialisasi Dokumen ITMP agar terus dilakukan sembari menunggu terbitnya Perpres ITMP dan akan mengagendakan Rapat Koordinasi Rutin dengan Bupati Se-Kawasan Danau Toba yang akan langsung dihadirinya dimana lokasi rakor akan dilakukan bergiliran. (Rel)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini