Sumatera Alami Tren Kenaikan Kasus Covid-19, Satgas Antisipasi Dengan Penyekatan

G.M
Sabtu, 15 Mei 2021, 14:43 WIB Last Updated 2021-05-31T15:53:46Z

Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo. | Twitter

Kabar Center - Jakarta

Kurun waktu satu bulan terakhir, Sumatera mengalami tren kenaikan kasus COVID-19. Sementara, kasus positif di Pulau Jawa angkanya relatif melandai. 

Demikian disampaikan Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo. Ia pun tidak ingin teori pingpong terjadi.

Menurutnya, teori pingpong dapat membuat tren kenaikan kasus covid-19. Ibarat bermain pingpong, ketika orang-orang dari Sumatera kembali ke Jawa maka potensi penularan dari pemudik Sumatera pada penduduk di Jawa meningkat.

Untuk mengantisipasi hal ini, maka pihak pemerintah, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan pihak terkait lainnya melakukan antisipasi dengan penyekatan di berbagai titik salah satunya di Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

“Kita tidak ingin teori pingpong ini terjadi, oleh karenanya upaya pemerintah untuk melakukan penyekatan diharapkan bisa berhasil,” kata Doni dalam dalam konferensi pers daring BNPB, Sabtu (15/5/2021).

Doni menambahkan, selain Pulau Sumatera, ada beberapa daerah lain yang juga perlu diperhatikan. Pasalnya, di beberapa daerah seperti Kalimantan Barat beberapa bulan terakhir ini menerima begitu banyak pekerja migran Indonesia (PMI) dari Malaysia.

“Tidak sedikit juga setelah dilakukan pemeriksaan ada yang positif COVID. Oleh karenanya, kerja sama dan kerja keras berbagai pihak di berbagai daerah saya beri apresiasi. Ini adalah bentuk kontribusi untuk negara dalam menghadapi perang melawan COVID-19,” pungkasnya. (Lp6/kc2)

Komentar

Tampilkan

Terkini

PERISTIWA

SOSIAL

+