Notification

×

Iklan

Iklan

Ribuan Pemudik Positif Covid-19, Satgas: Skrining Berlapis Dilakukan

Jumat, 14 Mei 2021 | 08:43 WIB Last Updated 2023-12-06T02:44:43Z
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito

Kabar Center - Jakarta

Hasil skrining random yang dilakukan oleh Polri dan Satgas daerah dalam pelaksanaan PPKM Mikro menyebutkan, bahwa terdapat 4.123 pemudik terdeteksi positif Covid-19.

“Jadi intinya begini, jadi bahwa skrining yang dilakukan oleh Polri dari beberapa operasinya, termasuk juga dari bantuan Polri melakukan testing di PPKM Mikro itu digabung menjadi satu, kebetulan angkanya sekitar 4.000 tersebut,” ujar Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito secara virtual dikutip dari kanal resmi BNPB,Jumat (14/5/2021).

Angka tersebut kata Wiku akan terus bertambah. Apalagi, Satgas akan menerapkan random testing bagi pemudik saat arus balik.

“Itulah yang disampaikan Pak Menko dan itu tetap akan bertambah terus tentunya, pembaginya tentu juga akan berkembang,” katanya.

Namun, Wiku meminta data ini bukan hanya silihat sebagai angka positif saja. “Mohon jangan dilihat sebagai yang positif dan itu dilakukannya hanya di masa mudik saja, peniadaan mudik saja itu adalah yang benar, bukan begitu. Jadi ini adalah pengumpulan data,” imbuhnya.

Pada prinsipnya, kata Wiku, yang harus menjadi perhatian adalah memastikan para pemudik sehat sehingga tidak berpotensi menjadi penularan Covid-19. 

“Jangan sampai nanti semuanya yang sakit akhirnya dites juga positif. Maka dari itu skriningnya yang kita lakukan sekarang itu berlapis sejak dari tempat keberangkatan,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto menyebut 4.123 pemudik positif Covid-19. Hal ini disampaikan usai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo kemarin, Senin, 10 Mei 2021. (In/kc5)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini