Notification

×

Iklan

Iklan

Perilaku Rasial Meningkat, Polisi di AS Siap Lindungi WNI

Minggu, 11 April 2021 | 18:13 WIB Last Updated 2021-05-31T15:53:46Z
Getty Images

Kabar Center - Jakarta

Kekerasan bermotif rasial menargetkan penduduk asal Asia mengalami peningkatan di Negara Paman Sam. Untuk itu, WNI yang berada di Negara Amerika Serikat diimbau untuk waspada.

Melansir Inews, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Washington DC maupun kepolisian AS menegaskan siap memberikan perlindungan bagi WNI.

Dua perwira kepolisian AS asal Maryland, yakni Stacey Flynn dan Almiggabber, dalam pertemuan virtual bertajuk 'Diskusi Pelindungan Preventif: Upaya Mencegah dan Menghadapi Tindak Kejahatan dan Perilaku Rasial', Sabtu (10/4/2021), meminta kepada WNI agar tak sungkan melaporkan kejadian kriminal.

Mereka juga berjanji memberikan perhatian penuh dan serius untuk memastikan keselamatan setiap warga yang tinggal di AS, termasuk asal Indonesia.

"Silakan lapor kepada kami jika mengalami insiden tersebut. Jangan takut. Kami akan proses dan tindaklanjuti,” ujar Flynn, dalam keterangan KBRI Washington DC.

Sementara itu Almiggaber mendorong warga negara AS keturunan Indonesia untuk mendaftarkan diri menjadi anggota kepolisian AS.

Koordinator Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI Washington Gustaav Ferdinandus dan Atase Kepolisian KBRI Washington Brigjen Pol Ary Laksmana Widjaja menyampaikan pedoman bagi WNI dan diaspora mengenai cara praktis mencegah, menghadapi, dan melaporkan tindak kejahatan dan perilaku rasial.

“Lindungi diri dan selalu lakukan langkah-langkah preventif agar tidak menjadi korban. Jika menjadi korban, jangan ragu. Ayo berani dan segera laporkan,” ujar Ary. (Kc3/IN)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini