Memeriahkan Hari Tari Dunia di Papua, TNI Tampilkan Tari Piring

G.M
Jumat, 30 April 2021, 19:07 WIB Last Updated 2021-05-31T15:53:46Z

Prajurit TNI Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/Brs menampilkan Tari Piring | dok. TNI

Kabar Center - Jayapura

Prajurit TNI Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/Brs ikut serta memeriahkan Hari Tari Dunia yang diselenggarakan di Kampus ISBI (Institut Seni Budaya Indonesia) di Jayapura, Papua.

Hal itu dikatakan Dansatgas Yonif 131/Brs Letkol Inf Muhammad Erfani S.H., M.Tr.(Han), melalui keterangan tertulisnya di Jayapura, Jumat (30/4/2021).

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air, serta turut melestarikan warisan luhur dan budaya Bangsa. 

"Dalam kesempatan ini Satgas mengirimkan 8 orang personel yang dipimpin Pasiter Satgas Lettu Inf Ibrahim," katanya.

Dalam acara, personel Satgas menampilkan Tari Piring yang merupakan salah satu tarian tradisional dari Provinsi Sumatera Barat.

Pertunjukan seni budaya yang digelar di Kota Jayapura ini mendapat respon positif dari para pengunjung yang umumnya adalah pemuda-pemudi pelajar di Jayapura.

Beberapa tarian tradisional yang ditampilkan oleh Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) diantaranya koreografi, Tari Nusantara, Tari Pangkur Sagu, Tari Seka Komoro dan Tari Piring dari Minang. 

Pasiter Satgas Lettu Inf Ibrahim menyebut, persembahan Tari Piring ini sengaja dipilih untuk mengenalkan budaya Minang kepada saudara-saudara yang ada di Papua. 

"Adapun makna dari tari ini sebagai ungkapan syukur atas panen yang melimpah, sedangkan gerakan Tari Piring sendiri menggambarkan proses pertanian dan pengolahan lahan yang dilakukan oleh masyarakat," katanya.

Di tempat yang  sama, Rektor ISBI Dr. I Dewa Ketut Wicaksana S.Sp., M.Hum menyampaikan ucapan terima kasih dan merasa sangat senang atas keikutsertaan Prajurit TNI Satgas Pamtas Yonif 131/Brs dalam memeriahkan Hari Tari Dunia ini.

"Semoga kedepan kalau ada event atau kegiatan kesenian lainnya, personel TNI berkenan untuk ikut memeriahkannya. Sehingga akan menambah wawasan pemuda dan pelajar disini tentang warisan budaya Indonesia yang berasal dari berbagai daerah lain di Indonesia," katanya. (*/kc2)

Komentar

Tampilkan

Terkini

PERISTIWA

SOSIAL

+