Notification

×

Iklan

Iklan

6 Bulan ke Depan, di Australia Akan Dibangun Kebun Ganja Terbesar

Minggu, 18 April 2021 | 14:32 WIB Last Updated 2021-04-18T07:32:50Z
Tanaman Ganja | Sumber: pixabay

Kabar Center - Queensland

Pembangunan kebun ganja di pinggiran kota Toowoomba Australia akan dilakukan enam bulan lagi. Pembangunan fasilitas itu dilakukan Dua perusahaan ganja obat di Queensland.

Sebanyak 500 ton ganja akan diproduksi setiap tahunnya dan bernilai ekspor sebesar lebih dari $1 miliar.

Menurut ketua pelaksana ANTG, Matt Cantelo, Dua perusahaan Australia yang melebur menjadi satu, yaitu Grup Obat Alami Australia (ANTG) dan Asterion Cannabis Inc, telah mempercepat rencana pembangunan mereka dua tahun lebih cepat.

"Di bayangan kami, Australia bisa menjadi pemimpin global di bidang produksi ganja obat," ujar Cantelo seperti dilansir dari ABC Australia, Minggu (18/4/2021).

Fasilitas dengan modal A$400 juta tersebut akan dipakai untuk menanam, memproduksi, dan meneliti produk obat-obatan.

Karena terletak dekat Bandara Wellcamp di Toowoomba, fasilitas ini dapat dengan mudah mengekspor produk mereka ke luar negeri.

Pemerintah Australia telah memberikan judul "status proyek besar" di tahun 2019 pada fasilitas Asterion.

Perusahaan ganja Kanada itu sudah mengantongi izin ganja obat, izin penelitian ganja, dan izin produksi dari Badan Pengendalian Obat Australia.

Stephen Van Deventer, CEO Asterion, mengungkapkan peleburan dengan ANTG ini sejalan dengan strategi jangka pendek dan panjang perusahaan tersebut.

"Peleburan ini memberikan pendapatan lebih awal dari seharusnya untuk Asterion dan skalabitas untuk ANTG," ujarnya.

ANTG telah memiliki rantai pasokan dan fasilitas di daerah pedalaman New South Wales, serta akses ke pasar ekspor Eropa.

"Modal ini memberikan kemampuan akses bagi pasar Australia dan luar negeri, selain menyediakan kesempatan untuk memperbesar perusahaan dan memenuhi permintaan tinggi obat ganja," kata Cantelo.

ANTG sendiri telah menandatangani perjanjian sembilan tahun dengan perusahaan Jerman bernama Cannamedical Pharma senilai $92 juta di awal tahun ini dalam hal mengekspor obat ganja Australia ke Eropa.

Ganja obat dengan berdosis rendah kini sah dijual di Australia dan di apotek dan dapat dibeli tanpa resep obat, setelah sebuah aturan baru yang dikeluarkan oleh Administrasi Obat Terapeutik Februari lalu.

Saat ini, belum ada produk yang telah memiliki izin resmi, sehingga kemungkinan besar stoknya baru dapat dijual di apotek enam bulan terakhir tahun ini.

Di saat yang bersamaan, Cantelo mengatakan surat izin TGA yang diperolehnya melalui skema khusus saat ini sedang meningkat.

Skema tersebut mengizinkan dokter umum untuk mengajukan permintaan pada TGA dalam memberikan obat ganja pada pasien.

Bulan lalu, sebanyak 10.000 izin telah dikeluarkan TGA melalui skema tersebut, jauh lebih banyak dari 3.500 izin yang dikeluarkan tahun lalu, menurut Cantelo.

"Ada peningkatan [permintaan] signifikan sebesar 10-20 persen dari bulan ke bulan," kata Cantelo.

Ia menyebut, fasilitas milik ANTG di NSW sebentar lagi akan mengalami kesulitan memenuhi permintaan pasar domestik, sehingga akan mengalihkan permintaan ke kebun besar di Toowoomba.

Cantelo mengatakan pembangunan ini akan dilakukan secara bertahap tergantung pada jumlah permintaan.

Tahap pertama yang akan dilakukan adalah memproduksi seperempat dari kapasitas fasilitas tersebut.

"Manfaat ganja telah terbukti bagi banyak orang, tanpa peduli pandangan politik mereka," ucap walikota Dewan Daerah Toowoomba, Paul Antonio.

Antonio melanjutkan, proyek ini akan menjadi anugerah bagi bisnis lokal. Menurutnya komunitas di sana sangatlah "gembira".

"Investasi baru ini akan menjadi hal yang luar biasa bagi Toowoomba," tukasnya.

"Dalam 30 tahun ke depan, akan ada tambahan 55.000 warga, dengan sektor industri dan komersil sehingga usaha-usaha baru seperti ini di Gerbang Perdagangan Toowoomba akan sangat berarti."

Dalam kapasitas seutuhnya, kebun ganja tersebut akan mempekerjakan 1.000 karyawan.

Perusahaan Australia Medibis juga berencana untuk mendirikan fasilitas ganja senilai A$180 juta dekat Toowoomba di masa mendatang. (*/lp6)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini