Babinsa dan Warga Patroli Karhutla di Desa Parhorasan

G.M
Jumat, 12 Februari 2021, 13:11 WIB Last Updated 2021-02-12T06:11:49Z
Babinsa bersama TNI melakukan patroli di Hutan Parhorasan

Kabar Center - Samosir

Bintara Pembina Desa (Babinsa) bersama warga melaksanakan patroli kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Desa Parhorasa sebagai bagian dari wilayah teritorial Rayon Militer 03/Pangururan, Jumat (05/02).
 
"Ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Koramil 03/Pangururan guna mencegah dan deteksi dini terjadinya kebakaran serta penebangan liar di wilayah kita," kata Danramil 03/Pangururan Kapt. Inf. Donald Panjaitan, Jumat (12/02)

Dikatakannya, salah satu tugas TNI juga adalah menjaga hutan dari pembakaran dan penebangan liar yang tidak bertanggungjawab.

"Apalagi kondisi saat ini kita lihat memasuki situasi kemarau. Jadi sangat perlu diwaspadai dengan cara memantau situasi lahan dan hutan di wilayah binaan serta memberitahu kepada masyarakat untuk tidak sembarangan membakar hutan maupun lahannya," kata Donald.


Donald mengungkapkan, saat melakukan patroli bersama warga tidak ditemukan titik-titik api di wilayah tersebut.

“Masyarakat boleh saja membuka kebun, asal jangan dibakar. Karena dampak dari asap sangat berbahaya bagi masyarakat banyak. Oleh karena itu, semua Babinsa kita melakukan patroli secara terpadu untuk pencegahan agar tidak ada terjadi Karhutla,” tegas Danramil.


Baca juga:

Komentar

Tampilkan

Terkini

PERISTIWA