Komisi I DPRD Samosir Terima Kunker DPRK Aceh Tengah

Pio
Kamis, 21 Januari 2021, 13:58 WIB Last Updated 2021-01-21T06:58:01Z

Foto bersama

Kabar Center - Samosir

Komisi I DPRD Kabupaten Samosir menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Pimpinan dan Anggota DPRK Aceh Tengah di ruang rapat DPRD Kabupaten Samosir, Kamis (21/01).

Kunjungan kerja anggota lembaga legislatif Aceh Tengah tersebut dalam rangka untuk memperoleh informasi mengenai Pariwisata, Adat dan Kebudayaan. 

Pertemuan itu turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir Dumosch Pandiangan beserta Staf. 

Pada kesempatan tersebut, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Samosir Saurtua Silalahi menyampaikan terimakasih atas kunjungan anggota DPRK Aceh Tengah ke Kabupaten Samosir Negeri Indah Kepingan Sorga. 

Menurutnya, Kabupaten Samosir sebagai daerah tujuan wisata sedang proses berbenah ke arah yang lebih baik, sehingga nantinya dapat mendukung program pemerintah pusat yang telah menetapkan kawasan danau Toba sebagai Kawasan Strategis Pariwisata nasional yang super prioritas. 

"Menurut sejarah, hubungan Kabupaten Samosir sebagai asal muasal Suku Batak dengan Suku Gayo yang jadi penduduk asli di Aceh Tengah ada keterkaitan sehingga kesannya perjumpaan kita saat ini diikat hubungan emosional yang kuat," kata Saurtua. 

Sementara itu, Ketua DPRK Aceh Tengah Arwin Mega menyampaikan tujuan mereka melakukan kunjungan kerja. "Hal lain yang perlu kami dapatkan yakni tentang kebijakan-kebijakan pemerintah daerah dalam mendukung pengembangan pariwisata dan mempertahankan budaya dari penetrasi modernisasi. Dan kami mohon nantinya kami dapat di informasikan tentang destinasi pariwisata yang dapat kami kunjungi," kata Arwin Mega yang merupakan politisi PDI Perjuangan itu.

Dumosch Pandiangan selaku Kepala Dinas Pariwisata Samosir menjelaskan bahwa Kabupaten Samosir sebagai salah satu Destinasi Prioritas Pariwisata di Kawasan Danau Toba saat ini sedang terus berbenah dengan melibatkan semua stakeholder dan para pelaku pariwisata untuk bersinergi dalam mengembangkan pariwisata. 

Pengelolaan Pariwisata khususnya objek wisata dikelola oleh pemerintah dan masyarakat/swasta semisal Aek Natonang, Menara Pandang Tele, Air Terjun Efrata, Pantai Sigurgur, Pantai Parbaba, Pantai Batu Hoda dan yang lainnya.

Untuk menarik kunjungan wisatawan lanjut Dumosch, Pemerintah membuat kegiatan atau event tahunan diantara Gondang Naposo, Horja Bius, Samosir musik internasional, Festival Ulos, Festival Sipinggan, lomba Solu Bolon. 

"Sedangkan retribusi dari sektor pariwisata tahun 2020 berkisar 970 juta lebih dan retribusi ini disetorkan langsung ke Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Samosir. Target ini mengalami koreksi karena adanya pandemi covid 19," ungkap Dumosch.

Lebih jauh, selain mengembangkan pariwisata khususnya pembenahan infrastruktur ke daerah wisata, juga dikembangkan Kelompok-kelompok sadar wisata yang nantinya diberdayakan dalam pengelolaan objek pariwisata. 

"Kami berharap Bapak dan Ibu Pimpinan serta anggota DPRK Aceh Tengah dapat menikmati alam dan budaya Kabupaten Samosir," katanya.

Diakhir pertemuan, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Samosir menyampaikan terimakasih atas kunjungan pimpinan dan anggota DPRK Aceh Tengah, sembari menutup rapat. (Kc6)

Komentar

Tampilkan

Terkini

PERISTIWA

SOSIAL

+