Notification

×

Iklan

Iklan

Idap Sklerosis Ganda, Aktor Ini Meninggal Dunia

Senin, 07 Desember 2020 | 15:58 WIB Last Updated 2020-12-07T08:58:22Z
Aktor David Lander

Kabar Center - Jakarta

Aktor David Lander, meninggal dunia pada akhir pekan lalu di usia 73 tahun setelah berjuang melawan sklerosis.

Perwakilan keluarga pemeran dalam serial Twin Peaks ini mengatakan kepada Variety bahwa lander meninggal dunia di Pusat Medis Cedars-Sinai pada Jumat (4/12) lalu.

Menurut pihak keluarga, Lander sudah mengidap sklerosis ganda sejak 37 silam. Namun, ia baru mengakui penyakit itu di hadapan publik pada 1999, ketika ia bicara dalam sejumlah konferensi gagasan Yayasan Sklerosis Ganda Nasional.

Sebelum mengidap sklerosis ganda, Lander sangat aktif di dunia layar kaca. Namanya pertama kali melambung kala berperan sebagai Squiggy dalam komedi situasi bertajuk Laverne & Shirley yang mengudara pada 1976-1983.

Ia mengembangkan cerita Laverne & Shirley bersama rekannya, Michael McKean, saat masih belajar di Carnegie Mellon University di Pittsburgh, Pennsylvania.

Kemudian, ia mengambil peran dalam berbagai serial lainnya, seperti Happy Days, The Drew Carey Show. Pada 1990, Lander berperan sebagai Tim Pinkle dalam serial legendaris karya David Lynch, Twin Peaks.

Di sela kesibukannya di industri serial televisi, Lander juga kerap membintangi film layar lebar, seperti 1941, film komedi karya Steven Spielberg yang dirilis pada 1979.

Sebagai aktor vokal, suara Lander juga terdengar dalam sederet film animasi, termasuk SpongeBob SquarePants, Tom and Jerry: The Movie, Green Lantern: First Fight, Oswald, dan Who Framed Roger Rabbit.

Lahir pada 22 Juni 1947 di Brooklyn, New York, Lander memang sudah bercita-cita menjadi aktor sejak keci hingga ia akhirnya masuk ke High School for the Performing Arts.

Pasca petermuannya dengan McKean di kampus, duo tersebut pindah ke Los Angeles untuk bergabung dengan kelompok komedi The Credibility Gap.

Sebagai tanda duka atas kepergian Lander, McKean mengunggah foto klasik mereka berdua tanpa keterangan apa pun. (cnn/kc6)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini