Pelaku Begal Sepeda di DKI Ditangkap, Empat Diantaranya Masih Dibawah Umur

Pio
Selasa, 03 November 2020, 18:12 WIB Last Updated 2020-11-03T11:12:29Z
Polisi menangkap para pelaku begal sepeda di Jakarta.

Kabar Center - Jakarta

Polda Metro Jaya terus melakukan penyelidikan terkait fenomena begal pesepeda di kawasan Jadetabek. 10 pelaku pun telah diamankan, dengan empat di antaranya masih di bawah umur.

"Bagi para pelaku dari 10 orang ini, rata-rata, seperti saya bilang, merupakan pengangguran dan ada yang masih di bawah umur," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (3/11/2020).

Dua pelaku yang berstatus di bawah umur berinisial MMAH (17) dan NY (15). Keduanya diamankan polisi terkait aksi begal sepeda di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Satu tersangka lainnya adalah MA (16), yang merupakan pelaku begal pesepeda yang diciduk polisi di daerah Danau Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kala itu pelaku menggunakan sepeda motor merampas handphone korban yang tengah bersepeda.

Tersangka lainnya berinisial SL (17), diamankan polisi terkait aksinya yang menyasar korban di daerah Ciputat, Tangerang Selatan.

Selain itu, Nana mengungkapkan sejauh ini para tersangka itu melakukan aksinya secara perorangan atau maksimal empat orang. Hingga kini polisi belum menemukan indikasi adanya para pelaku tersebut tergabung dalam sindikat kelompok spesialis begal pesepeda.
 
"Sementara ini masih perorangan. Tidak ada dari kelompok-kelompok geng motor. Ini masih kami dalami lagi terkait masalah ini," katanya.

Polisi juga telah mengungkap modus yang kerap dilakukan para pelaku begal sepeda. Menurut Nana, para pelaku kerap mengincar korban yang melintas sendirian atau tercecer dari kelompoknya.

Untuk itu, Nana berharap para warga yang berniat bersepeda di jalan agar mengayuh sepedanya secara bersama-sama dengan kelompok dan menghindari rute-rute yang sepi dan dinilai rawan terjadi begal.

"Saya mengimbau kepada masyarakat, jadi memang saat ini lagi booming berolahraga dengan sepeda. Saya harapkan saat bersepeda tidak sendirian, harus berkelompok, tidak sendirian," ujar Nana.

Saat ini Polda Metro Jaya masih mengembangkan kasus begal sepeda ini. Polda Metro Jaya juga menggencarkan patroli untuk meminimalkan begal sepeda. (dtc/kc7)

Baca juga:
Komentar

Tampilkan

Terkini

KOLOM PENULIS