Cegah Kasus Intoleransi, Komnas HAM Usul Aturan Yang Lebih Adil

G.M
Senin, 16 November 2020, 14:02 WIB Last Updated 2020-11-16T07:02:55Z
Presiden RI Joko Widodo

Kabar Center - Jakarta

Komisioner Komisi Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Senin (16/11). Komnas HAM menyampaikan hal tentang intoleransi yang menganggu kerukunan umat beragama.

"Kami juga diskusikan soal tren intoleransi misalnya terkait dengan gangguan-gangguan terhadap sekelompok masyarakat yang melakukan ibadah ataupun yang akan bangun rumah ibadah mengalami gangguan," ujar Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik di Istana Negara, Jakarta, Senin (16/11).

Dalam mencegah gangguan itu, Komnas HAM menginginkan suatu peraturan yang lebih adil. Serta berbasis kepada kebebasan dari setiap warga negara untuk mengekspresikan agama mereka.

"Karena itu butuh suatu revisi terhadap peraturan bersama menteri yang sudah ada. Kami inginkan ada suatu pengaturan yang lebih tinggi, kami usulkan Perpres," katanya.

Hal tersebut tambah Taufan, akan didiskusikan di internal pemerintah dan Presiden menyambut baik usulan Komnas HAM. Menurutnya, adanya peraturan bisa menjadi solusi untuk menyelesaikan masalah intoleransi.

"Ini mungkin jalan keluar dalam menyelesaikan intoleransi gangguan-gangguan terhadap kemerdekaan orang dalam beribadah," pungkasnya. (mdk/kc5)

Baca juga:
Komentar

Tampilkan

Terkini

KOLOM PENULIS