Petani di Samosir Terima 10 Ton Bibit Padi

G.M
Selasa, 18 Agustus 2020, 18:35 WIB Last Updated 2020-09-02T04:36:44Z

Kabar Center - Samosir

Sebanyak 10 ton bibit padi untuk 400 ha persawahan diberikan kepada 15 Kelompok Tani dari 4 Kecamatan di Kabupaten Samosir (Pangururan, Simanindo, Sitiotio dan Palipi).

Bibit itu merupakan bantuan dari Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Propinsi Sumatera Utara.

Bibit padi unggul bersertifikat varietas inpari 30/ ciherang sub 1 diserahkan langsung oleh Bupati Samosir Drs  Rapidin Simbolon, MM bersama Ketua Komisi B DPRD Propinsi Sumatera Utara Viktor Silaen, Perwakilan Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Propsu, Kadis Pertanian Samosir Viktor Sitinjak dan Kadis Kominfo Samosir, Rohani Bakara di Ruang Rapat Dinas Pertanian, 18/08.

Ketua Komisi B DPRD Sumut Viktor Silaen mengatakan bahwa bantuan bibit padi tersebut untuk menambah semangat dan daya tanam masyarakat yang sekaligus menjamin ketersediaan pangan di Kabupaten Samosir.

Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM Menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan DPRD Sumut yang telah memberikan perhatian.

Diharapkannya, kedepan bantuan tersebut dapat lebih banyak lagi dikarenakan lahan pertanian padi di Samosir mencapai ribuan ha sehingga masayarakat lainnya dapat secara merata mendapat bantuan tersebut. 

Kemudian, disampaikan kepada Ketua Komisi B DPRDSU yang membidangi pertanian agar tetap meningkatkan bantuan dibidang pertanian khususnya padi dan jagung di Kabupaten Samosir. Hal ini dimaksudkan untuk kesejahteraan dan kemandirian petani di Samosir.

Dalam mengantisipasi gagal panen, Rapidin Simbolon menekankan agar pertanian padi di Samosir dilakukan dengan cara "tanam serentak". Sehingga, bila terjadi suatu masalah kekeringan ataupun masalah lainnya dapat dilakukan penanganan secara maksimal .

Menurutnya, pertanian jagung juga mempunyai  prospek yang menguntungkan bagi petani, dimana harga jagung tetap normal dan jangka waktu panennya relatif singkat. (Rel)
Komentar

Tampilkan

Terkini

KOLOM PENULIS