Pemkab Samosir Salurkan Bantuan Bahan Pokok Lauk Siap Saji

G.M
Senin, 13 Juli 2020, 17:39 WIB Last Updated 2020-09-24T05:14:39Z

Kabar Center - Samosir

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir melalui Dinas Pariwisata menyalurkan bantuan Bahan Pokok Lauk Siap Saji (Balasa) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia kepada para pelaku usaha wisata di kawasan Pangururan. 

Bantuan itu dibagikan di kantor Dinas Pariwisata Samosir di Kawasan Perkantoran Parbaba Dolok, Desa Siopat Sosor, Kecamatan Pangururan, Senin (13/7/2020).

Melansir dari situs Visit Samosir, Senin (13/07), Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon MM melalui Kepala Dinas Pariwisata Dumosch Pandiangan SSos menyampaikan bahwa Pemkab Samosir senantiasa berupaya agar masyarakat mendapatkan bantuan untuk meringankan beban di tengah ancaman pandemi Covid-19 saat ini.

“Tak henti-hentinya Pak Bupati menjalin komunikasi intens dengan Pemerintah Pusat. Berulangkali beliau menghubungi Pak Menteri bagaimana agar bantuan dari Pemerintah Pusat dapat tersalurkan ke Kabupaten Samosir. Dan, syukur pada Tuhan, ada banyak bantuan yang telah disalurkan ke Kabupaten Samosir,” katanya.

Dikatakan, bantuan yang saat ini dibagikan, yaitu bantuan Balasa dari Kemenparekraf RI, merupakan kerja keras dari Bupati-Wakil Bupati Samosir, Dinas Pariwisata dan pihak-pihak terkait lainnya, sehingga Kabupaten Samosir menjadi kabupaten yang paling banyak menerima bantuan Balasa tersebut.

“Dari seluruh kabupaten/kota di kawasan Danau Toba, Samosir yang paling banyak mendapatkan bantuan Balasa ini, yakni sebanyak 996 paket. Itu merupakan hasil dari ketulusan kita bersama dan atas kasih Tuhan kepada masyarakat Samosir, khususnya para pelaku usaha wisata. Apalagi kita tau, amang inang sekalian lah yang menjadi garda terdepan dalam mewujudkan visi Pemerintah Kabupaten Samosir, yakni ‘Mewujudkan masyarakat Samosir yang sejahtera, mandiri dan berdaya saing berbasis pada pariwisata dan pertanian’,” ujarnya.

Dumosch mengajak para pelaku usaha wisata agar mensyukuri segala bantuan dan berkat yang ada dan diharapkan agar tetap semangat dalam bekerja membangun pariwisata Samosir ini. Menurutnya, pada Agustus nanti, Samosir akan menerima wisatawan dari luar daerah dan diharapkan menjadi momen kebangkitan pariwisata Samosir.

“Tetapi tetap jalankan protokol kesehatan, yakni pakai masker, cuci tangan, jaga jarak dan ikuti pengukuran suhu tubuh. Tak mungkin kan kita terus-terusan begini, sementara ada banyak kebutuhan yang harus kita penuhi. Karenanya, mari kita mulai gerakkan roda ekonomi kita, namun tetap jaga kesehatan. Tamu yang datang sehat, kita yang di Samosir ini pun tetap sehat,” ujar Dumosch Pandiangan dihadapan para pelaku usaha wisata yang hadir.

Sementara itu, Aiptu Suandi Sinaga mewakili Polres Samosir menyampaikan agar masyarakat senantiasa menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dan tidak ada gontok-gontokan dalam menerima bantuan.

“Mari kita syukuri bantuan yang ada, kita manfaatkan sebaik-baiknya, dan tetap jaga keamanan dan ketertiban bersama,” ujarnya.

Disebukan, bantuan Balasa dari Kemenparekraf RI tersebut dibagikan kepada 147 orang pelaku usaha wisata yang berada di Kecamatan Pangururan. 

Sebelumnya, juga telah dilakukan pembagian kepada para pelaku usaha wisata di kawasan Tomok, Siallagan, Tuktuk dan Huta Bolon. Dan, selanjutnya juga akan dilakukan pembagian bantuan Balasa kepada para pelaku usaha wisata di kawasan Sianjur Mulamula dan Bukit Holbung. (Rel/Asi Sitanggang)
Komentar

Tampilkan

Terkini

KOLOM PENULIS