Thailand Cabut Lockdown, Warga Asing Diperbolehkan Masuk

Jusri M
Senin, 01 Juni 2020, 11:41 WIB Last Updated 2020-06-01T04:41:05Z
Lokasi wisata di Thailand | sumber foto: Twitter

Kabar Center - Bangkok

Kementerian Luar Negeri Thailand mengumumkan kebijakan baru terkait pencabutan lockdown virus Corona. Thailand mulai melakukan relaksasi dan warga negara asing pun mulai diperbolehkan masuk ke Thailand, tapi bukan untuk urusan wisata.

Kebijakan itu dikeluarkan pada akhir pekan lalu. Izin khusus untuk WNA itu pun diberikan oleh Kementerian Tenaga Kerja.

"Izin untuk masuk tidak mencakup semua grup, karena kita melakukannya perlahan-lahan," kata perwakilan dari Kemenlu Thailand, Natapanu Nopakun, pada press konferensi harian seperti diberitakan Asia One.

Mulai 1 Juni mendatang, Thailand juga berencana untuk kembali membuka bioskop dan theater. Namun, jumlahnya dibatasi tak lebih dari 200 orang di saat bersamaan. Protokol kesehatan baru pun juga harus tetap diterapkan demi menekan kurva.

Selain itu, jam buka pusat perbelanjaan yang baru dibuka kembali awal bulan juga diperbolehkan lebih lama daripada saat awal pandemi COVID-19.

Kebun binatang, klinik kecantikan, spa hingga lapangan olahraga juga kembali dibuka dengan batasan tertentu. Meski sudah jauh lebih santai, tapi tetap tidak boleh lengah dengan corona.

Bagi WNA yang ingin berkunjung ke Thailand saat ini, hanya akan diberi izin untuk urusan bisnis atau bagi pemegang izin kerja di bawah Menteri Tenaga Kerja Thailand.

Sementara, izin kerja untuk masuk ke Thailand itu juga bisa diurus di Kedutaan Thailand di negara masing-masing. Kemudian, para pendaftar harus memiliki asuransi dan sertifikat kesehatan.

Selain itu, para WNA yang masuk ke Thailand juga diwajibkan melakukan karantina selama 14 hari. Baik di properti pribadi mau pun properti negara dengan tanggungan biaya sendiri. (dtc/kc7)
Komentar

Tampilkan

Terkini

KOLOM PENULIS