Notification

×

Iklan

Iklan

Penuhi Kebutuhan Sayur, Pemkab Samosir Beri Bibit Sayuran Kepada Warga

Selasa, 02 Juni 2020 | 16:13 WIB Last Updated 2020-06-02T09:13:52Z
Launching pemberian bibit tanaman di Desa Hutanamora | ist

Kabar Center - Pangururan

Pemerintah Kabupaten Samosir launching pemberian bibit sayuran dan sarana produksi dalam rangka percepatan penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Aula Kantor Kepala Desa Hutanamora, Selasa (2/6).

Acara launching dihadiri Bupati Samosir, Wakil Bupati Samosir, Sekretaris Daerah Kabupaten Samosir, Kodim, Polres Samosir, Kejari Samosir, para Asisten Sekdakab Samosir, pimpinan OPD, para Camat dan Kepala Desa, serta perwakilan masyarakat penerima manfaat dari desa Hutanamora.

Kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Samosir, Rawati Simbolon mengatakan, pemberian ini bertujuan agar masyarakat memanfaatkan lingkungan/pekarangan rumah menjadi tempat budi daya tanaman sayuran melalui media polybag selama pandemi COVID-19 dalam mengatasi kebutuhan sayur untuk konsumsi gizi yang seimbang.

"Sasaran pemberian bibit sayuran dan sarana produksi ini mencakup 9 kecamatan, 128 desa, 6 kelurahan dengan total 6.000 KK atas usulan kepala desa dan diketahui oleh camat," kata Rawati.

Dia menyebutkan, bantuan yang diberikan berupa: kompos (10kg/KK), pupuk NPK 16:16:16 sebanyak (1kg/KK), pupuk urea (0,5kg/KK), polybag (1kg/KK), bibit sayuran sawi manis (1 sachet @25 gram/KK), bibit sayuran bayam (1 sachet @26.000 butir/KK) dan bibit sayuran kangkung (1 sachet @1.500 butir/KK).

Dalam kesempatan itu juga diwarnai acara pemutaran video cara menanam bibit sayuran dan perawatannya hingga panen dan disaksikan oleh seluruh peserta launching.

Saut Martua Tamba, Ketua DPRD Samosir, mewakili FKPD dalam sambutannya mendukung kegiatan ini. Dikatakan, bantuan tersebut harus berhasil dengan pengawasan para pihak terkait serta diberi edukasi dari Dinas Pertanian Samosir mulai dari penanaman hingga pemanenan.

Sementara itu, Bupati Samosir, Rapidin Simbolon menyambut baik kegiatan ini. Menurutnya ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Samosir mengatasi kelangkaan sayur mayur untuk kebutuhan keluarga.

Rapidin mengharapkan koordinasi lintas SKPD untuk memberhasilkan program ini terutama para aparat dan Tim PKK Desa mulai dari penanaman hingga pemanenan. Kemudian ia juga menekankan agar program ini berhasil guna untuk mengatasi dampak COVID-19 selama pandemi.

Di akhir acara, Kepala Desa Hutanamora, Ihut Irencius Malau, menyampaikan terima kasih atas program pemberian bibit sayuran dan sarana produksi.

Dia mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung program Pemkab Samosir ini agar berhasil guna.

"Mari kita bekerja keras,  agar hidup kita lebih baik dan maju dengan melakukan program-program Pemkab Samosir untuk mensejahterakan masyarakat," pungkas Ihut. (Rel)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini