Notification

×

Iklan

Iklan

Tim Gabungan Samosir Gelar Penyemprotan Disinfektan di Pangururan

Rabu, 25 Maret 2020 | 18:46 WIB Last Updated 2023-12-06T02:44:43Z
Kadis Kominfo Rohani Bakara menyuarakan imbauan kepada warga melalui pengeras suara terkait pencegahan COVID-19

KABARCENTER.com - Samosir

Tim Gabungan yang terdiri dari Pemkab Samosir, TNI/Polri, dan Tokoh Masyarakat Pangururan melakukan penyemprotan disinfektan di Kota Pangururan (Rabu, 25/3/2020).

Hal ini dilakukan dalam upaya pencegahan dan penanganan COVID-19 yang kini menjadi pandemi.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon bersama Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga, Kapolres Samosir, AKBP Muhamad Saleh, Danramil 01 Pangururan, Kapt. Inf. Donald Panjaitan, tokoh masyarakat, dan personil dari TNI/Polri melakukan penyemprotan disinfektan di sepanjang jalan utama Kota Pangururan.

Kadis Kominfo, Rohani Bakara, dan tokoh masyarakat, A. Siska Naibaho, dengan pengeras suara memberikan himbauan pencegahan COVID-19 dan himbauan pembatasan sosial/fisik (social/physcial distancing) selama beberapa waktu di tengah-tengah keramaian kota Pangururan.

Penyemprotan disinfektan ini bertujuan sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di Kabupaten Samosir di samping upaya-upaya persuasif lainnya yang telah dilakukan di beberapa tempat oleh Pemkab Samosir dan TNI/Polri.

Pada saat yang sama, anggota DPRD Samosir juga melaksanakan Gerakan Cuci Tangan bagi para pengunjung sebelum memasuki Onan Pangururan dengan menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer.

Pantuan di lapangan, warga yang memasuki onan (pasar inpres) melakukan cuci tangan dengan kesadaran sendiri.

Sebelum penyemprotan disinfektan, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Samosir terdiri dari Kadis Naker Koperindag, Kadis Pertanian, Kadis Ketapang, Kepala Bapenda, dan Kabag Perekonomian Setdakab Samosir juga melaksanakan monitoring ketersediaan bahan pokok sehari-hari dan kestabilan harga-harga di Onan Pangururan selama pandemi COVID-19.

Cara ini terintegrasi dengan upaya-upaya lainnya untuk memastikan dampak pandemi COVID-19 ditanggulangi dengan program-program aksi yang dilakukan Pemkab Samosir.

Bupati Samosir, Rapidin Simbolon tetap turun langsung ke lapangan memonitor seluruh rangkaian kegiatan pencegahan dan penanganan COVID-19 baik di gerbang-gerbang masuk ke Samosir dan Kota Pangururan.

Sementara untuk ibukota kecamatan lainnya dilakukan Wakil Bupati Samosir, Juang Sinaga.

Pada saat penyemprotan, beberapa toko telah melakukan imbauan Pemkab Samosir dengan menyediakan hand sanitizer dan penyemprotan mandiri.

A. Ave Pasaribu, pemilik toko “Credo Kids” di Jalan Kol. Liberty Malau, mengatakan bahwa mereka telah melakukan penyemprotan mandiri dan tetap mengarahkan pembeli untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian di toko mereka.

Sementara, Toko Op. Raju Marpaung di Jalan Nahum Situmorang menyampaikan terima kasihnya kepada Pemkab Samosir, TNI/Polri, dan tokoh masyarakat yang telah menginisiasi penyemprotan disinfektan di lingkungan mereka.

Meskipun hari libur, Pemkab Samosir yang dikomandoi Bupati dan Wakil Bupati Samosir tetap melakukan monitoring pencegahan dan penanganan COVID-19 dengan komunikasi langsung melalui telefeon genggam dan WAG Pemkab Samosir dengan para pihak yang ditugaskan di lapangan yaitu Tim Gugus Pencegahan dan Penanganan COVID-19 yang diketuai oleh Sekdakab Samosir, Jabiat Sagala, dan Kepala Pelaksana Harian, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Mahler Tamba. (Rel)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini