Notification

×

Iklan

Iklan

Berstatus PDP, Ibu dan Anak Diisolasi di RSUD Ibnu Sutowo Baturaja

Sabtu, 21 Maret 2020 | 13:11 WIB Last Updated 2023-12-06T02:44:43Z
Bupati OKU Kuryana Azis | net

Kabar Center - Baturaja

Anak pasien yang suspect COVID-19 saat ini telah diisolasi di RSUD Ibnu Sutowo Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan. Sebelumnya anak tersebut diisolasi di rumah sakit setempat karena berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terkait virus Corona.

"Saat ini ibu dan anak berstatus PDP sudah diisolasi di RSUD Baturaja," ucap Juru Bicara Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Corona dari Dinas Kesehatan, Ogan Komering Ulu (OKU), Rozali di Baturaja, Sabtu (21/03).

Disebutkan, pasien tersebut memiliki gejala atau keluhan gangguan saluran pernapasan sehingga dinyatakan suspect Corona.

"Pasien pernah berkunjung ke daerah yang diketahui merupakan daerah penularan COVID-19," ucapnya.

Dikatakan, pasien memiliki indikasi atau diketahui pernah kontak fisik dengan cara bersalaman langsung dengan turis asing di Jakarta.

"Si pasien bersama anaknya pernah bersalaman dengan turis asal benua Eropa yang terkonfirmasi COVID-19. Kontak fisik itu terjadi saat mereka bepergian ke Jakarta," ujarnya.

Untuk memastikan dan mengantisipasi penyebaran virus Corona lanjut dia, kedua pasien saat ini berstatus PDP dan sudah diisolasi di RSUD Ibnu Sutowo Baturaja.

"Positif atau tidaknya kedua pasien ini terjangkit virus Corona, kita tunggu saja perkembangan selanjutnya," katanya.

Bupati OKU, Kuryana Azis terkait hal tersebut menegaskan bahwa tim Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Diseases -19 (Covid-19) Kabupaten OKU akan bekerja se maksimal mungkin.

"Dua pasien PDP ini sebelumnya sudah dikoordinasikan ke RSMH Palembang, namun ruangan isolasi sudah penuh sehingga diisolasi di RSUD Ibnu Sutowo Baturaja," kata dia.

Bupati juga menyampaikan bahwa seluruh biaya perawatan terhadap kedua pasien tersebut akan dianggarkan dari APBD OKU karena penyakit corona ini tidak dilindungi oleh BPJS Kesehatan. (Ant/kc2)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini