-->

Lulus Seleksi Tertulis, 85 Calon PPK di Samosir Tes Wawancara

Kabar Center
Senin, 10 Februari 2020, 12:22 WIB Last Updated 2020-02-23T06:29:05Z
Ketua KPU Samosir melakukan wawancara kepada peserta Calon PPK | ist
Kabar Center - Samosir

Usai dinyatakan lulus ujian tertulis oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Samosir, sebanyak 85 orang calon PPK melaksanakan tes wawancara selama dua hari, 8-9 Februari 2020.

Usai tes wawancara tersebut, maka jumlah anggota PPK akan mengerucut menjadi 45 orang yang dipersiapkan untuk menghadapi pemilihan Bupati Samosir yang akan dilaksanakan 23 September 2020 mendatang.

Ketua KPU Samosir, Ika Rolina Samosir melalui Divisi teknis Penyelenggaraan, Robinsar Junaidi Barus, Sabtu (08/02) mengatakan, penyelenggaraan tes wawancara di kantor KPU setempat, Huta Namora, Kecamatan Pangururan.

Dikatakannya, yang menjadi penguji berasal dari seluruh anggota komisioner KPU Samosir termasuk ketua.

Sementara untuk materi yang akan di tes adalah pengetahuan umum, pengetahuan kepemiluan, teknis kepemiluan, wawasan kewilayahan dan klarifikasi tanggapan masyarakat.

"Materi tes wawancara sama untuk semua peserta. Nanti akan ada tambahan pertanyaan untuk peserta jika ada tanggapan masyarakat yang akan diklarifikasi oleh peserta," kata Robinsar.

Dalam wawancara ini juga melibatkan peran Bawaslu sebagai pengawas. Anggota bawaslu yang turut mengawasi pelaksanaan wawancara diantaranya komisioner Bawaslu Kabupaten Samosir, yakni Rianto Nainggolan selaku Kordiv PHL dan Robintang Naibaho selaku Kordiv HPPS.

"Dari hasil seleksi hari pertama, sebanyak 47 orang calon PPK hadir dan 2 orang tidak hadir tanpa keterangan," tutur Robinsar Barus.

Pelaksanaan tes wawancara dibagi dua  gelombang. Untuk gelombang I meliputi seleksi untuk calon dari Kecamatan Simanindo, Kecamatan Sitio-tio, Kecamatan Onan Runggu, Kecamatan Nainggolan dan Kecamatan Ronggurnihuta.

Kemudian untuk gelombang kedua meliputi Kecamatan Pangururan, Palipi, Sianjur Mulamula dan Harian.
Komentar

Tampilkan

Terkini

KOLOM PENULIS