Notification

×

Iklan

Iklan

Dampak Banjir Longsor di Sulsel, 15 Orang Tewas dan Ratusan Warga Mengungsi

Rabu, 08 Mei 2024 | 09:57 WIB Last Updated 2024-05-08T02:57:04Z
Banjir di Sulsel | net


Jakarta - Tujuh kabupaten di Sulawesi Selatan (Sulsel), dilanda banjir dan longsor. Akibat peristiwa itu, 15 orang meninggal dunia. 

Sampai saat ini sebanyak 210 warga paling terdampak khusus di Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu, dievakuasi ke pengungsian sementara.

Tujuh kabupaten yang diterjang banjir dan longsor di Sulsel, yakni Luwu, Sidrap, Luwu Utara, Soppeng, Enrekang, Sinjai, dan Wajo. Dari 15 korban meninggal, ada 13 orang di antaranya di Luwu, sedangkan masing-masing satu warga di Wajo dan Sidrap.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel Amson Padolo menuturkan, enam kabupaten di antaranya dianggap sudah kondusif. Kini, pihaknya fokus melakukan penanggulangan bencana di Luwu.

"Untuk sementara yang enam kabupaten sudah mulai kondusif sisa pemulihan dan rehab. Jadi untuk Luwu yang kita fokus khususnya membuka jalur distribusi logistik ke 12 desa di Kecamatan Latimojong," kata Amson dilansir detikSulsel, Rabu (8/5/2024).

Amson menyebut, ada 13 orang tewas akibat banjir dan longsor di Kabupaten Luwu. Delapan di antaranya meninggal karena tertimbun longsor, sedangkan lima di antaranya terseret banjir bandang.

Dua korban meninggal di antaranya baru ditemukan pada Selasa (7/5). Tim SAR gabungan berharap warga melapor jika masih ada kerabatnya yang dinyatakan hilang untuk dilakukan proses pencarian. (Kc6/dtc)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini