Notification

×

Iklan

Iklan

Menghadapi Transformasi Bisnis di Era Digital, Head of Commercial Solopos: Kualitas Wartawan Harus Dijaga

Sabtu, 28 Oktober 2023 | 11:42 WIB Last Updated 2023-10-28T04:43:33Z
Head of Commercial Solopos Media Group, Yonantha Chandra Premana (Kiri) saat menghadiri temu pers di Hotel Aston Purwokerto, Jawa Tengah, 28/10/2023. | Foto: Rivan Efendi

Kabar Center

Purwokerto - Yonantha Chandra Premana, Head of Commercial Solopos Media Group, membagikan tip dan pengalaman untuk para wartawan dan pelaku usaha media dalam acara temu pers yang digelar di hotel Aston Purwokerto, Jawa Tengah, pada Sabtu, (28/10/2023). Acara tersebut membahas tentang transpormasi bisnis media di era digital.

Yonantha menekankan pentingnya menjaga nama brand dan kredibilitas media sebagai bisnis yang mengedepankan kepercayaan.

"Nama brand itu penting, itu yang harus dijaga, kalau kualitas wartawan Anda gak bisa dipercaya, media Anda (juga) gak bisa dipercaya. Karena kita adalah bisnis kepercayaan," ujarnya.

Ia juga mengingatkan para wartawan untuk selalu mengedepankan fakta dan tidak perlu membuat judul berita yang clickbait sehingga membohongi pembaca.

“Yang paling penting jangan sampai membohongi pembaca, jangan sampai judul yang kamu bikin nanti isinya berbeda dengan yang ada di judul,” katanya.

Selain itu, Yonantha juga berbagi tip tentang investasi alat untuk mendukung kinerja media. Ia menyarankan para pelaku usaha media untuk mengukur kemampuan dan kebutuhan mereka sebelum membeli alat-alat pendukung untuk mempermudah proses produksi.

"Investasi alat itu pada akhirnya menjadi salah satu yang penting untuk dilakukan, tapi kita juga harus mengukur dengan kemampuan di media kita masing-masing, apakah kita akan investasi alat secara keseluruhan langsung saat itu, atau secara bertahap, prioritaskan dulu mana yang paling penting," terangnya.

Yonantha pun mengapresiasi kualitas kerja para wartawan yang telah menghasilkan karya-karya yang kredibel dan berkualitas. Ia berharap para wartawan dapat terus meningkatkan kompetensi dan profesionalisme mereka di bidang jurnalistik, demi meningkatkan kepercayaan agar dapat dengan mudah membangun kerja sama dengan para calon klien.

"Tingkatkan kualitas kerja teman-teman (dengan) berita karya yang kredibel dan berkualitas, itu otomatis klien pemerintahan atau pun suasta akan mudah bekerja sama dengan teman-teman," imbuhnya.

Acara temu pers tersebut merupakan bagian dari kegiatan Uji Kompetensi Wartawan yang diselenggarakan di Hotel Aston Purwokerto dan turut peran Solopos dan UPN Veteran Yogyakarta sebagai lembaga uji. (Rv)

Ikuti berita terkini dari Kabar Center di Google News, klik di sini